Teknik Gaya Scott Lompat Tinggi

Teknik Gaya Scott  Lompat Tinggi – Gaya Scott menjadi gaya yang paling tua oleh karena itu sering disebut dengan nama gaya ortodox. Gaya ini sering juga disebut gaya duduk atau gaya gunting. Dalam lomba lompat tinggi Gaya Scott banyak di pakai oleh para peserta lomba.

Gaya ini cukup lama digunakan karena pada saat melewati mistar, posisi kepala tidak boleh lebih rendah dari pinggul (tidak boleh menuklik). Untuk melakukan Teknik Gaya Scott dengan benar, adapun analisa gerakkan Gaya Scott sebagai berikut :

Awalan Gaya Scott
Untuk awalan gaya Scott dilakukan dari samping atau dari serong atau dari sisi kanan atau kiri semua itu tergantung dari kaki apa yang dipakai untuk bertumpu. Apabila Anda bertumpu dengan kaki kiri, maka awalan dilakukan dari samping kanan dan sebaliknay apabila bertumpu dengan kaki kanan, awalan dari samping kiri. Sudut awalan relatif kecil sekitar 30 – 35 derajad.

Tumpuan
Untuk tumpuan, kaki yang bertumpu yang jauh dari mistar (kaki luar). Kemudian kaki bebas (kaki dalam) diayun lurus kedepan atas untuk melewati mistar.

Melayang
Pada Saat melewati mistar, sikap badan tegak atau sedikit condong kedepan. Setelah kaki bebas bergerak turun (sudah melewati mistar), kemudian kaki tumpu diayun lurus kedepan untuk melewati mistar. Ketika saat itu seolah-olah pelompat duduk telunjur diatas mistar yang diteruskan dengan kedua kaki saling menyilang (menggunting). Nah, itu lah yang membuat gaya scott disebut dengan gaya gunting.

Pendaratan
Pada saat pendaratan dilakukan dengan kaki ayun telebih dahulu. Gaya Scott kurang effisien karena gerakkannya terasa kaku. Cara melompat Gaya Scott ini kurang menguntungkan karena posisi badan di atas mistar yang sedemikian itu menyebabkan jarak antara titik berat badan dengan mistar terlalu jauh.

Carilah setiap kelemahan dalam melakukan gaya scott ini, agar lompatan lebih efisien. Demikian saya sampaikan Teknik Dasar Gaya Scott dalam cabang atletik Lompat Tinggi. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Teknik Gaya Scott Lompat Tinggi | Ambar | 4.5