Teknik Dasar Split dan Cara Memberi Bantuan

Teknik Dasar Split dan Cara Memberi Bantuan – Split adalah aktifitas gerak dengan membuka kedua kaki kesamping atau kedepan dan belakang selebar-lebarnya hingga pantat menempel pada lantai.

Split merupakan salah satu bentuk untuk melatih kelentukan, aktifitas ini lebih mudah dikerjakan oleh anak-anak dibandingkan dengan mengerjakannya pada orang dewasa. Hal itu disebabkan karena peningkatan usia. Namun orang dewasa pun bisa melakukan split dengan baik dengan caransering berlatih melemaskan persendian.

Latihan pada split beraneka ragam diantaranya latihan kelentukkan (kelepasan), kelemasan dan penegangan diberikan kepada seluruh tubuh, terutama pada otot belakang paha, persendian panggul/pangkal paha dan pinggang.

Berikut ini analisa untuk mengurangi sikap dan gerak dari sikap split, dianataranya :

  1. Kelepasan otot belakang paha
  2. Kelemasan persendian pangkal paha
  3. Kelepasan Otot pinggang
Dalam melakukan latihan khusus untuk penguasaan sikap splits ini tidak dilakukan dengan tergesa-gesa atau dalam irama yang cepat. Diperlukan sebuah ketekunan dengan melakukannya perlahan-lahan guna agar terhindar dari cidera (robek otot belakang paha).
Langkah-langkah Melakukan Splits
  1. Letak satu kaki didepan dan satu di belakang berada pada dua garis sejajar, maksimal selebar panggul.
  2. Kemudian ujung kaki diluruskan kedepan
  3. Sikap badan tegak
  4. Kedua tangan menempel lantai dilakukan secara perlahan, setelah kaki lurus, kemudian tangan direntangkan kesisi setinggi bahu atau kedepan.
  5. Selanjutnya untuk berdiri, badan diangkat oleh guru pada bagian lengan dari belakang.

Dalam memberikan bantuan sikap splits ini tidak begitu sulit karen bentuk latihan pada splits diam atau berada ditempat. Penjelasan untuk memberikan bantuan pada splite saya akan tuliskan dibawah.

1. Melakukan sikap split dari sikap berdiri :

  • Sama seperti gerakan siatas, dengan menempatkan satu kaki didepan atau satu kaki di bagian belakang (Penjelasan nomor 1 diatas)
  • Secara perlahan langkah di perbesar
Pemberian bantuan:

1. Guru membantu mengangkat badan si pelaku dengan menempatkan kedua tangan dibawah kedua ketiak si pelaku.

2. Guru menghantar “badan si pelaku” dengan perlahan turun, sesuai bertamba besar langkah yang dibuat oleh si pelaku.
3. Apabila sudah sampai didasar /dilantai guru melepaskan bantuan. Biarkan sejenak si pelaku splits (dalam sikap splits itu) menopang berat badannya dengan kedua tangannya sendiri. Guru memberikan bantuannya kembali pada saat si pelaku splits akan kembali berdiri, mengangkat badan si pelaku dengan pegangan yang sama seperti tersebut diatas (dibawah kedua ketiak).
2. Melakukan Splits Sikap duduk
  • Sikap permulaan : duduk berlunjur dengan kedua kaki rapat, lurus kedepan.
  • Angkat satu kaki, kemudian tempatkan kaki kebelakang. Dibantu dengan bantuan guru dengan agak mengangkat badan pelajar tersebut (penempatan kedua tangan dibawah ketiak pelajar), si pelaku splits diputar sehingga menghadap kebelakang.
  • Kemudian betulkan sikap kaki (diluruskan) dan sikap badan (tetap tegak)
Pada latihan a dan b , pada saat akan kembali (kesikap duduk) pelaku splits menghadap kesisi kemudian merapatkan kedua kaki (duduk berlunjur), kemudian berdiri.

Selengkapnya Anda bisa melihat contoh gambar melakukan splits dan cara pemberian bantuan di bawah ini.

Demikian Teknik Dasar Splits dan Cara Memberi Bantuan yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Teknik Dasar Split dan Cara Memberi Bantuan | Ambar | 4.5