Teknik Dasar Renang Gaya Dada

Renang adalah olahraga yang menyehatkan, karena semua tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekeuatan bertambah meningkat. Pada ulasan kali ini saya akan membahas gaya renang yaitu gaya dada.

Renang gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada mengahdap permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan ke depan. Kedua belah tangan di buka kesamping seperti gerakkan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakkan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga di sebut gaya katak. Cara melakukan renang gaya dada adalah sebagai berikut ….

Teknik Dasar Renang Gaya Dada

A. Gerakan Meluncur
Cara melakukannya sebagai berikut ….

  1. Sikap permulaan, berdiri kangkang sebelah bahu di atas kolam dengan kedua tangan lurus di samping badan.
  2. Gerakan akan meluncur dengan tolakan kedua kaki dengan kedua tangan di ayun ke depan sehingga kedua tangan lurus ke atas menempel telinga.
  3. Kedua tangan dan kepala lebih dahulu masuk ke dalam kolam.
  4. Selama meluncur di dalam air, posisi tubuh horizontal.
B. Gerakan Kaki
Cara melakukannya sebagai berikut ….
  1. Sikap permulaan, kedua tangan memegang ring di kolam kemudian tubuh lurus ke belakang rata – rata air dan pandangan mata ke arah dinding kolam.
  2. Gerakan dengan kedua lutut ditarik ke arah depan kemudian kedua kaki di letakkan sehingga kedua kaki kembali ke posisi lurus.
  3. Gerakan ini dilakukan berulang kali supaya dapat melakukan gerakan kaki gaya dada dengan baik dan benar sehingga dapat memperoleh dorongan tubuh ke depan.
C. Gerakan Lengan
Cara melakukannya sebagai berikut ….
  1. Sikap permulaan, berdiri di tepi kolam menghadap ke arah kolam, kemudian kedua kaki di kaitkan di dinding kolam hingga posisi tubuh telungkup.
  2. Posisi kedua, tangan lurus kedepan dengan lengan menempel di telinga.
  3. Kedua kaki di tarik ke belakang dengan siku tangan di tekuk.
    Setelah sampai di samping tubuh kedua tangan di putar ke depan dada kemudian tangan kembali ke posisi lurus ke depan.
  4. Gerakan ini di lakukan berulang kali hingga menguasai teknik dasar renang gaya dada dengan baik dan benar.
D. Pernapasan Renang Gaya Dada
Pernapasan pada renang gaya dada di lakukan dengan cara mengangkat (memutar) kepala kearah depan, pandagan melihat ke arah depan sehingga mulut keluar dari permukaan air. Naiknya kepala diusahakan sedikit mungkin, secukupnya untuk dapat bernapas, sehingga itu untuk menjaga tetap dalam posisi streamline.
Demikian juga pada waktu rekaveri lengan, kapala di turunakn sedikit sehingga hanya sebagaian kecil dari rambut yang masih di atas permukaan air.
Pengambilan napas di lakukan pada waktu kepala naik ke atas permukaan air, mulut di buka lebar sehingga udara dapat masuk secara langsung. Pengeluaran udara di lakukan pada saat kepala akan keluar dari permukaan air, hembusan udara dilakukan melalui mulut secara cepat (eksplotif).
E. Koordinasi Teknik Dasar Renang Gaya Dada
Cara melakukannya sebagai berikut ….
  1. Sikap permulaan, perenag melakukan meluncur dari atas kolam.
  2. Gerakan kaki ditarik ke depan, kemudian kedua kaki dilecutkan hingga posisi kaki lurus.
  3. Disusul gerakan lengan dengan gerakan mendayung. Pada saat tangan mendayung kepala di angkat hingga mulut berada di atas permukaan air untuk mengambil napas.
  4. Setelah lengan sampai di samping tubuh kedepan kemudian diluruskan kedepan seperti posisi semula.
Naah, itulah serangkaian gerak teknik dasar renang gaya dada, lakukan latihan secara rutin dan sebaiknya untuk pemula sebelum berlatih teknik ini di dampingi oleh pelatih agar jika ada keselahan dapat membenarkannya dengan memberikan arahan.

Selain itu sebelum berlatih lakukan pemanasan terlebih dahulu agar terhindar dari cidera atau keram otot saat berada di dalam kolam. Demikian saya sampaikan mengenai teknik dasar renang gaya dada, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Teknik Dasar Renang Gaya Dada | Ambar | 4.5