Teknik Dasar Lari Jarak Pendek (Sprint)

Lari merupakan salah satu cabang atletik yang sejak dahulu telah dilakukan pada setiap perlombaan olahraga resmi seperti PON, SEA Games, ASEAN Games, maupun Olimpiade.

Atletik merupakan cabang olahraga yang terdiri dari lari, lempar dan lompat. Akan tetapi pada ulasan kali ini saya akan membahas tentang lari yaitu teknik dasar lari jarak pendek (sprint). Keselamatan sangatlah penting, karena itu saat akan berlatih sebaiknya Anda gunakan pakaian yang sesuai dan sepatu yang elastis.

Lari cepat dilakukan mulai dari garis start hingga garis finish dengan cepat dan maksimal. Untuk menjadi seorang atlet yang berprestasi diperlukannya latihan dengan giat. Tujuan latihan lari adalah untuk meningkatkan kualitas lari itu sendiri yaitu meningkatkan kecepatan lari dan secara langsung dapat menjaga kesehatan tubuh.

Hal-hal yang perlu dilatih dalam lari adalah :

  1. Kecepatan (speed) untuk mencapai lari secepat mungkin.
  2. Daya tahan (edurance) melatihnya dengan melakukan senam aerobik waktu yang lama, tetapi intensif sedang. Pada aerobik waktunya singkat tetapi intensitas tinggi.
Lari jarak pendek memerlukan latihan yang rutin, sebab dibutuhkan kecepatan yang tinggi (speed) untuk menempuh waktu secepat mungkin dan daya tahan (endurance) untuk mempertahankan daya tahan otot dengan waktu yang singkat. 
Hal-hal yang mempengaruhi kecepatan dan keberhasilan lari jarak pendek antara lain pelaksanaan start yang baik dan benar, penguasaan teknik berlari, dan teknik masuk kegaris finish. Start yang di gunakan dalam lari cepat menggunakan start jongkok, dalam start jongkok ada 3 (tiga) posisi sebagai berikut :
  1. Start jongkok posisi pendek (bunch start) atau (short start)
  2. Start jongkok posisi menengah (medium start)
  3. Start posisi panjang (long start)
Dari ketiga start jongkok di atas sesuaikan kira-kira strat mana yang paling nyaman Anda gunakan, Anda bisa mencobanya satu-persatu untuk mengetahui start mana yang paling cocok Anda gunakan.
Gambar : serangkaian gerak lari sampai finish
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam teknik lari cepat sebagai berikut :
  1. Langkah kaki
    Langkah harus lebar dan cepat, tumpuan menggunakan ujung telapak kaki.
  2. Ayunana tangan
    Tangan di ayun secepat-cepatnya dengan telapak tangan mengepal relaks, dilakukan dari depan dada lewat samping bada kearah samping belakang.
  3. Condong badan
    Badan condong kedepan 25 derajad untuk mengurangi tahanan angin.
  4. Pandangan mata
    Mata memandang lurus ke depan kearah garis finish, dan tidak diperbolehkan memandang kearah kontras.
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memasuki garis finish adalah :
  1. Merebahkan badan kedepan
  2. Lari terus tanpa mengurangi kecepatan
  3. Memutar bahu kekanan dan kekiri.
Untuk menjadi atlet profesional Anda haruslah berlatih dengan giat dan rutin, karena dengan rajin berlatih Anda akan mendapatkan kemampuan yang lebih baik pula. Saat berlatih lakukan dengan bertahap atau bertingkat karena jika Anda langsung berlatih berat bukannya kemampuan yang lebih baik yang didapat tetapi Anda akan mendapatkan penurunan fisik bahkan cidera karena terlalu memaksakan saat berlatih karena tidak sesuai dengan kapasitas kemampuan.

Cukup sekian dulu ya sobat dari saya mengenai Teknik Dasar Lari Jarak Pendek atau lari cepat, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Teknik Dasar Lari Jarak Pendek (Sprint) | Ambar | 4.5