RPP Kelas 2 SD/MI K13 Revisi 2017 Semester 1

RPP Kelas 2 SD/MI K13 Revisi 2017 Semester 1 – Halo sobat Progrmapendidikan.com, pada postingan ini saya akan berbagi RPP Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dapat anda unduh secara gratis. RPP K13 kelas 2 SD/MI semester 1 ini dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk pembuatan perangkat pembelajaran tahun pelajaran 2017/2018.

RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka dalam satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Penyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran.Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam kelompok kerja guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.Kurikulum 2013 untuk sekolah dasar (SD) menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI.Pengembangan RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik atau disebut dengan RPP Tematik.

Dalam implementasi Kurikulum 2013, tema tidak dinegosiasikan dengan siswa, tetapi sudah ditetapkan oleh pemerintah, bahkan silabus tematik, buku guru, dan buku siswa telah disediakan oleh pemerintah. Untuk keperluan penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas, guru dapat mengembangkan RPP Tematik dengan memperhatikan silabus tematik, buku guru, dan buku siswa yang telah tersedia serta mengacu pada format dan sistematika RPP yang berlaku. RPP tematik adalah rencana pembelajaran tematik terpadu yang dikembangkan secara rinci dari suatu tema dengan tahapan sebagai berikut:

1) Mengkaji Silabus Tematik
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum sekolah dasar. Komponen silabus mencakup: kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Silabus berfungsi sebagai rujukan bagi guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).Pada Kurikulum 2013, silabus tematik telah disiapkan oleh pemerintah, guru tinggal menggunakan sebagai dasar penyusunan RPP. Guru memilih kegiatan-kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tema/subtema yang akan dilaksanakan pada satu pertemuan atau lebih. Kegiatan yang dipilih harus mencakup kegiatan pembelajaran sesuai dengan standar proses.

2) Mengkaji Buku Guru
Buku guru berisi tentang:
a. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI).
b. Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) 1 dan 2 serta KD 3 dan 4.
c. Ruang lingkup pembelajaran untuk satu sub tema yang terdiri dari 6 pembelajaran dalam 1 minggu (untuk kelas I).
d. Pemetaan indikator pembelajaran untuk setiap pembelajaran.
e. Setiap pembelajaran berisi tentang uraian kegiatan pembelajaran yang mencakup:

  • Nama kegiatan
  • Tujuan pembelajaran
  • Media dan alat pembelajaran
  • Langkah-langkah kegiatan
  • Penilaian.

f. Setiap akhir pembelajaran, guru hendaknya melakukan kegiatan refleksi untuk melakukan kegiatan remedial dan pengayaan.

3) Mengkaji Buku Siswa
Buku Seri Pembelajaran Tematik terpadu untuk siswa disusun mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi.Buku siswa memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas.Didalamnya memuat urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa.Buku ini mengarahkan yang harus dilakukan siswa bersama guru untuk mencapai kompetensi tertentu, bukan buku yang materinya dibaca, diisi, atau dihafal.

Buku guru dengan cakupan isi tersebut di atas, sangat membantu dan membimbing guru dalam menyusun RPP.Beberapa catatan yang berkaitan dengan buku guru, buku siswa, dan sistematika RPP sebagai berikut.
a. Sistematika RPP berbeda dengan sistematika urutan pada buku guru dan buku siswa.
b. Metode pembelajaran belum disajikan secara eksplisit dalam buku guru.
c. Cakupan materi sangat luas berbasis aktivitas.
d. Kegiatan pembelajaran belum terinci, pendahuluan, inti, dan penutup.
e. Pendekatan saintifik belum terlihat secara nyata.

Bagi Bapak dan Ibu guru kelas 2 SD / MI yang membutuhkan RPP Kelas 2/II Kurikulum 2013 semester 1 revisi 2017 bisa mendownloadnya pada link yang kami sematkan dibawah ini;

RPP Kelas 2 SD/MI K13 Semester 1 Revisi 2017 

TEMA 1 HIDUP RUKUN – UNDUH DISINI

TEMA 2 BERMAIN DILINGKUNGANKU – UNDUH DISINI

TEMA 3 TUGAS SEHARI-HARI – UNDUH DISINI

TEMA 4 AKU DAN SEKOLAHKU – UNDUH DISINI

RPP Kelas 2 SD/MI K13 Semester 1 Revisi Terbaru

CONTOH RPP SD / MI  KELAS 2 SEMESTER 1 (HIDUP RUKUN) – UNDUH DISINI

CONTOH RPP SD / MI  KELAS 2 SEMESTER 1 (BERMAIN DILINGKUNGANKU) – UNDUH DISINI

CONTOH RPP SD / MI  KELAS 2 SEMESTER 1 (TUGAS SEHARI-HARI) – UNDUH DISINI

CONTOH RPP SD / MI  KELAS 2 SEMESTER 1 (AKU DAN SEKOLAHKU) – UNDUH DISINI

UNDUH JUGA RPP KELAS 2 SD/MI REVISI 2017 SEMESTER 2

RPP SD / MI  KELAS 2 SEMESTER 2 K13 REVISI 2017 – UNDUH DISINI 

Demikian iRPP Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.

RPP Kelas 2 SD/MI K13 Revisi 2017 Semester 1 | Ambar | 4.5