RPP IPS Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP IPS Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 – RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP IPS kelas 9 k13 revisi terbaru 2017 disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Pengembangan RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 revisi terbaru 2018 dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPS Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 wajib dibuat serta disusun oleh guru sebagai perencanaan pembelajaran dikelas, penunjang sekaligus pedoman dalam mengarahakan para peserta didik untuk mencapai standar kompetensi lulusan.

RPP K13 IPS Kelas 9/IX Revisi 2017 yang coba saya bagikan ini dapat anda gunakan untuk referensi dalam menyusun Perangkat Pembelajaran semester 2 tahun pelajaran 2017/2018.

Adapun Contoh RPP IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 sebagai berikut;

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP  N 
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Materi Pokok : 3.2Pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap migrasipenduduk, transportasi,lembagasosial,ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dankesejahteraanmasyaraat
Kelas/ Semester IX /Genap
Alokasi Waktu : 2 X pertemuan ( 4 x 40 ‘ )

 

  A KOMPETENSI INTI

KI.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,
KI.2 Memiliki karakter, jujur, dan peduli, bertanggungjawab,. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan . sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional
KI.3 Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan: . ilmu pengetahuan, . teknologi, . seni, dan . budaya. Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI.4 Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: . kreatif, . produktif, . kritis, . mandiri, . kolaboratif, dan . komunikatif melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri

 

B.KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

NO KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1 3.3 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat 3.1.1. Dapat menganalisis ketrgantungan antar ruang pada kegiatan produksi,distribusi dan konsumsi,terhadap migrasi penduduk.

3.1.2. mampu menganalisis ketergantungan antar ruang pada kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap transportasi

3.1.3. Dapat menyimpulkan ketergantungan antar ruang terhadap lembaga sosial dan ekonomi

3.1.4. Dapat menggambarkan ketergantungan antar ruang pada kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap pekerjaan

3.1.5. menganalisis ketergantungan antar ruang pada kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap pendidikan

3.1.6. Dapat menndeskripsikan pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap kesejahteraan masyarakat.

2 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat 4.3.1. Trampil mempresentasikan di depan kelas

4.3.2 Trampil menyususn laporan berupa produk

4.3.3. Trampil melakukan analisis rea;itas mobilitas sebagai pengaruh ketergantungan antar ruang.

 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

            Setelah selesai kegiatan Belajar Mengajar diharapkan siswa dapat :

  • Menganalisis ketergantungan antar ruang pada kegiatan produksi,distribusi dan konsumsi,terhadap migrasi penduduk.
  • Menganalisis ketergantungan antar ruang pada kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap transportasi
  • Menyimpulkan ketergantungan antar ruang terhadap lembaga sosial dan ekonomi
  • Menggambarkan ketergantungan antar ruang pada kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap pekerjaan
  • Menganalisis ketergantungan antar ruang pada kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap pendidikan
  • Dapat menndeskripsikan pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap kesejahteraan masyarakat.

Selengkapnya, Bagi bapak dan ibu Guru yang membutuhkan RPP Kurikulum 2013 Kelas 9 SMP/MTs Semester 1/ ganjil dan Semester 2/ genap Revisi 2018 bisa mengunduhnya pada tautan link di bawah ini.

RPP IPS Kelas 9 Semester 1 K13 Revisi 2018.docx, Unduh File
RPP IPS Kelas 9 Semester 1 K13 Revisi 2018.rar, Unduh File
RPP IPS Kelas 9 Semester 2 K13 Revisi 2017.docx, Unduh File

Demikian RPP IPS Kelas 9 jenjang SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

RPP IPS Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 | Ambar | 4.5