RKJM dan RKT SD Plus Program Kepala Sekolah Tahun 2017/2018

RKJM dan RKT SD Plus Program Kepala Sekolah Terbaru Tahun 2017/2018 – Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan disebutkan bahwa sekolah harus membuat Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 4 tahun, Rencana Kerja Tahunan (RKT) dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah / Madrasah (RKAS/M) dilaksanakan berdasarkan RKJM. RKJM/T disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Sekolah dan disahkan berlakunya oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota.

Disini saya akan menuliskan perbedaan antara RKT dan RKJM, penjelasannya sebagai berikut;

RKT (Rencana Kerja Tahunan) Sekolah adalah rencana kerja yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan sekolah selama 1 tahun.  RKT penting dimiliki untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku sekolah dalam rangka menuju perubahan atau tujuan sekolah yang lebih baik (peningkatan, pengembangan) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidak pastian masa depan.

Tujuan Penyusunan RKT :

  1.  Menjamin agar perubahan/tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil;
  2. Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah;
  3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan;
  4.  Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;
  5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat;
  6. Menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

Sedangkan, RKJM (Rencana Kerja Jangk Menengah) adalah Rencana Kerja Sekolah yang digunakan sebagai acuan pengelolaan Sekolah selama 4 tahun kedepan. Maksud dirumuskan RKJM adalah sebagai berikut :

  1. Menjamin agar perubahan/tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil;
  2. Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah;
  3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan;
  4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;
  5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat;
  6. Menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

RKJM merupakan program kerja yang disusun sebagai panduan kerja untuk melaksanakan kegiatan dalam waktu yang relatif sedang (berkisar antara 3-4 tahun). Perencanaan tersebut dibuat sebagai acuan kerja. Tujuan utamanya yaitu berorientasi pada peningkatan mutu sekolah itu sendiri (khususnya), dan umumnya demi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Bapak ibu guru yang terhormat, setelah membaca sedikit penjelasan diatas, pada postingan ini saya akan berbagi Contoh RKJM dan RKT SD Beserta Program Kepala Sekolah Terbaru tahun pelajaran 2017/2018 yang bisa Anda unduh secara gratis melalui tautan link yang saya sematkan dibawah ini.

RKJM dan RKT SD Beserta Program Kepala Sekolah Tahun 2017

Contoh RKT (Rencana Kerja Tahunan ) SD, Download
Contoh RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah), Download
Contoh Program Kerja Kepala Sekolah, Download

Demikian RKJM dan RKT SD Beserta Program Kepala Sekolah Tahun Pelajaran 2017/2018 yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.

RKJM dan RKT SD Plus Program Kepala Sekolah Tahun 2017/2018 | Ambar | 4.5