Persyaratan dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Tahun 2017

Persyaratan dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Tahun 2017/2018 – Halo sobat guru di seluruh Indonesia, Sudahkah Bapak/Ibu guru memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)? Jika belum, nah disini kami akan berbagi persyatan dan tata cara atau mekanisme untuk mendapatkan NUPTK baru di tahun 2017.

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.

NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.

Persyarat dan Ketentuan Penerbitan NUPTK Tahun 2016

Untuk memperoleh Nomor Induk Nomor Unik pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pastikan baik guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal maupun non-formal data  GTK yang di input oleh operator sekolah harus lengkap, benar dan valid agar proses penerbitan NUPTK bagi GTK yang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh Dirjen GTK dapat dilakukan dengan baik dan cepat. Ini merupakan Syarat dan Ketentuan Penerbitan dan Penonaktifan NUPTK

gambar Syarat Terbaru Penerbitan NUPTK Tahun 2016/2017

Diatas merupakan gambar dari persyaratan terbaru Penerbitan NUPTK Tahun 2017 yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Surat tersebut menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Program dan kegiatan di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan pada tahun 2016 menggunakan Dapodik Guru dan Tenaga Kependidikan yang terintegrasi dengan Dapodik yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Ditjen Dikdasmen dan Ditjen PAUD dan DIKMAS.

2. Sesuai hasil kesepakatan rapat sebelumnya, penerbitan NUPTK akan menjadi tugas dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) dengan tetap berkoordinasi kepada Tim Dapodik Unit Utama yang akan dilaksanakan mulai tahun 2016.

3. Adapun syarat dan ketentuan penerbitan NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan adalah sebagai berikut;

  1. Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, PLB.
  2. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal (KB/TPA/SPS, PKBM/TBM, Kursus, dan UPT.
  3. Guru PNS/CPNS, Pengawas PNS, dan Guru bukan PNS.
  4. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal PNS/CPNS dan bukan PNS.
  5. S-1/D4 dari LPTK/PTN yang memiliki prodi terakreditasi atau dari LPTK /PTS yang terakreditasi Kopertis setempat bagi guru dan tenaga kependidikan yang diangkat setelah Januari 2006.
  6. Guru dan tenaga kependidikan yang aktif dalam dapodik Dikdasmen dan PAUD-Dikmas dengan ketentuan;

A. Belum memiliki NUPTK melalui proses veval GTK oleh PDSPK

B. Kandidat guru dan tenaga kependidikan penerima NUPTK melengkapi persyaratan dengan memindai (meng- upload) dokumen persyaratan melalui aplikasiverval GTK:

i. Guru dan tenaga kependidikan PNS, SK CPNS/PNS + SK Penugasan dari Dinas Pendidikan
ii. Guru dan tenaga kependidikan non PNS,
a. di sekolah negeri: SK Pengangkatan dari Bupati/Walikota/Gubernur
b. di sekolah swasta: SK Pengangkatan GTY selama 2 tahun secara terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut).

* Guru yang aktif tidak dalam dapodik (Guru Kemenag)

A. Diajukkan oleh operator Disdik melalui aplikasi verval GTK
B. Belum memiliki NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK
C. Kandidat guru penerima NUPTK melengkapi persyaratan dengan memindai (meng- upload) dokumen persyaratan melalui aplikasi verval GTK:

i. Guru PNS, SK CPNS/PNS + SK Penugasan dari Disdik
ii. Guru nonPNS,
a. di sekolah negeri: SK Pengangkatan dari Bupati/Walikota/Gubernur
b. di sekolah swasta: SI< Pengangkatan GTY selama 2 tahun secara terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut)

* Diverifikasi dokumen persyaratannya oleh Disdik Kab/Kota, Ditjen GTK sesuai kebijakan yang ada.

4. Adapun persyaratan dan ketentuan penonaktifan NUPTK adalah sebagai berikut;

I. Guru Kemendikbud

  • Mengajukan surat penonaktifan NUPTK ke Disdik dengan melampirkan surat pengantar dari Kepala Sekolah;
  • Operator Disdik melalui aplikasi verval GTK mengajukan penonaktifan NUPTK dengan memindai (meng- upload) dokumen penonaktifan dari: guru ybs, surat pengantar Kepsek, Surat Persetujuan dari Disdik

II. Guru Kemenag

  • Mengajukan surat penonaktifan NUPTK ke disdik dengan melampirkan surat pengantar dari Kepala Madrasah dan surat persetujuan dari Kanwil Kemenag;
  • Operator Disdik melalui aplikasi verval PTK mengajukan penonaktifan NUPTK dengan memindai (meng- upload) dokumen penonaktifan dari: guru ybs, surat pengantar Kepala Madrasah, Surat Persetujuan dari Kanwil Kemenag dan Surat Persetujuan dari Disdik

Mengingat NUPTK adalah syarat mutlak bagi Guru dan Tenaga Kependidikan baik pada satuan pendidikan formal maupun non formal untuk mendapatkan semua layanan atau program dan kegiatan pada Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, maka kami berharap penerbitan NUPTK di tahun 2016 dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Bagi Bapak/Ibu yang belum mengetahui mekanisme untuk mendapatkan NUPTK atau penerbitan dan penonaktifkan NUPTK bisa gambar dibawah ini;

gambar mekanisme verval NUPTK 2016
Gambar mekanisme verval NUPTK

Download surat edaran resmi penerbitan NUPTK format PDF (Link)

Persyaratan dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Tahun 2017

Persyaratan dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Tahun 2017 ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, sebagi berikut;

1. Data Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) disinkron dari Dapodik ke Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

2. Kemudian dilakukan proses verifikasi dan validasi (verval) oleh PDSPK untuk memastikan kelengkapan dan kebenaran data. Untuk data GTK yang valid akan masuk ke dalam arsip referensi. Untuk data GTK yang belum memiliki NUPTK maka akan masuk kandidat penerima NUPTK, dan akan dijadikan calon penerima NUPTK berdasarkan analisis kebutuhan guru (simrasio). Untuk data GTK yang invalid maka akan dilakukan validasi.

3. Operator Sekolah memeriksa data GTK yang sudah masuk daftar calon penerima NUPTK melalui aplikasi Verval GTK. Kemudian, Operator Sekolah memberitahukan kepada GTK untuk melengkapi dokumen Persyaratan Calon Penerima (penerbitan) NUPTK sesuai Surat Edaran Ditjen GTK nomor
14652/B.82/PR/2015, diantaranya:

  • KTP,
  • SK PNS/CPNS dan SK Penugasan dari Dinas Pendidikan setempat (untuk GTK PNS/CPNS) atau SK Pengangkatan Guru Tetap Yayasan (GTY) minimal 2 tahun secara terus menerus sampai dengan bulan Januari 2016 tidak berlaku surut (untuk GTK non PNS yang mengajar di Sekolah Swasta) atau SK Pengangkatan Bupati/Walikota/Gubernur (untuk GTK Non PNS yang mengajar di Sekolah Negeri), 
  • Ijazah dari SD, SMP, SMA/SMK, S1/D4.
  • Operator Sekolah men-scan dan meng-upload dokumen persyaratan (scan dokumen asli dan berwarna, bukan fotocopy atau legalisir) tersebut melalui aplikasi Verval GTK.

4. Operator Dirjen GTK melakukan verval data calon penerima NUPTK dan dilakukan analisis kebutuhan guru (simrasio). Jika valid dan memenuhi persyaratan maka selanjutnya data tersebut di-approve. Jika tidak valid dan ditolak maka diberikan alasannya.

5. Operator PDSPK menerbitkan NUPTK berdasarkan hasil verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh Operator Ditjen GTK

Berikut ini adalah Mekanisme Pengajuan NUPTK Tahun 2017 

Login Ke Laman Verval GTK

Persyaratan dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Tahun 2017

Kemudian Anda ikuti langkah-langkah Pengajuan NUPTK Tahun 2017 seperti dibawah ini;

Persyaratan dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Tahun 2017

Mekanisme Perubahan Perbaikan Nama dan Tanggal Lahir Pada NUPTK

Berikut ini adalah Mekanisme Perubahan Perbaikan Nama dan Tanggal Lahir pada Verval NUPTK Tahun 2017 atau Perubahan Nama dan Tanggal Lahir NUPTK Anda apabila ada kesalahan Nama dan tanggal lahir.

Login Ke Laman Verval GTK

Kemudian silahkan Anda ikuti langkahnya dibawah ini;

Mekanisme Perubahan Perbaikan Nama dan Tanggal Lahir Pada NUPTK

Mekanisme Perubahan / Perbaikan Foto  NUPTK pada laman Verval GTK

Login Ke Laman Verval GTK

Kemudian Silakan Ikuti Langkah-lanhkahnya seperti dibawah ini;

Mekanisme Perubahan / Perbaikan Foto  NUPTK pada laman Verval GTK

Download Persyaratan dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Tahun 2017 (Link)

Demikian saya sampaikan informasi mengenai Syarat dan mekanisme pengajuan NUPTK baru tahun 2017. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Persyaratan dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Tahun 2017 | Ambar | 4.5