Permendikbud No 13 Tahun 2018 Tentang BAN S/M, BAN PAUDIN dan PNF

Permendikbud No 13 Tahun 2018 Tentang BAN S/M, BAN PAUDIN dan PNF – Pada kesempatan ini saya akan share Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal dapat anda download (unduh) secara gartis.

Akreditasi adalah merupakan suatu kegiatan penilaian  kelayakan satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah, dan satuan pendidikan anak usia dini  dan pendidikan nonformal berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah yang selanjutnya disingkat BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal yang selanjutnya disingkat BAN PAUD dan PNF adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan satuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018

Berdasarkan Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Pasal 2 (dua) sebagai berikut:

  1. Akreditasi yang dilakukan Pemerintah dilaksanakan oleh BAN terdiri atas:
    a. BAN-S/M untuk Satuan Pendidikan jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah jalur formal; dan
    b. BAN PAUD dan PNF untuk Satuan Pendidikan pada PAUD dan Pendidikan Nonformal.
  2. BAN sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan badan nonstruktural yang bersifat nirlaba dan mandiri yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri.

Sesuai Permendikbud) Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Pasal 3 (tiga) sebagai berikut:

  1. Anggota BAN terdiri atas ahli di bidang evaluasi pendidikan, kurikulum, manajemen pendidikan, atau ahli profesional/praktisi yang memiliki wawasan, pengalaman, dan komitmen untuk peningkatan mutu dan relevansi pendidikan.
  2. BAN memiliki susunan organisasi sebagai berikut:
    a. ketua merangkap anggota;
    b. sekretaris merangkap anggota; dan
    c. anggota.
  3. Anggota BAN berjumlah gasal paling sedikit 11 (sebelas) orang dan paling banyak 15 (lima belas) orang.
  4. Anggota BAN ditetapkan oleh Menteri berdasarkan usul tim seleksi.
  5. Ketua dan Sekretaris BAN dipilih oleh anggota BAN berdasarkan suara terbanyak dan ditetapkan oleh Menteri.
  6. Ketua dan Sekretaris BAN dapat membuat kebijakan berdasarkan rapat pleno anggota dan berdasarkan tugas dari Menteri.
  7. Ketua BAN bertugas memimpin dan mengoordinasikan pelaksanaan tugas BAN.
  8. Sekretaris BAN bertugas:
    a. mengelola pelaksanaan ketatausahaan BAN; dan
    b. membantu ketua BAN dalam melaksanakan tugasnya.

Selengkapnya, bagi anda yang belum memiliki Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal bisa mengunduhnya melalui tautan link di bawah ini.

Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018.pdf, Unduh

Demikian Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (SM) dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDIN) dan Pendidikan Nonformal (PNF) yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.
Permendikbud No 13 Tahun 2018 Tentang BAN S/M, BAN PAUDIN dan PNF | Ambar | 4.5