Pendaftaran PPG Kemenag Tahun 2018

Pendaftaran PPG Kemenag Tahun 2018 – Dirjen Pendis telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 378/ Dt.I.II/2/ Kp.02.3/5/2018 Tentang Persiapan Pelaksanaan PPG dalam Jabatan tanggal 16 Mei 2018.

Surat edaran tersebut di tujukan kepada kepala kantor wilayah kementerian Agama Islam se-Indonesia dan Cq Kabid Pendidikan Madfrasah/Pendidikan Islam untuk di informasikan kepada Guru Honorer/ PNS di Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) bahwa Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran sertifikasi untuk guru Pegawai Negeri Sipil (PNS)/ Honorer melalui jalur Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan Tahun 2018.

pendaftaran ppg kemenag

Adapuan isi Surat Edaran Persiapan Pelaksanaan PPG dalam Jabatan Kemenag sebagai berikut:

Pelaksanaan Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan bagi guru madrasah bersama ini di sampiakan hal-hal berikut:

  1. Tahapan persiapan terdiri dari:
    a. Pemetaan Linieritas ijazah S-1/ D-4
    b. Pendaftaran Calon Peserta
    c. Seleksi Akademik
    d. Seleksi Administrasi
  2. Pemetaan linieritas ijazahS1/ D4 di dikuti oleh seluruh guru Madrasah yang dilaksanakan melalui SIMPATIKA;
  3. Calon Peserta PPG dalam Jabatan adalah  guru madrasah yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember tahun 2005, kecuali:
    a. Guru pada MAN Insan Cendekia
    b. Guru madrasah penyelenggara pendidikan madrasah luar biasa
    c. Guru madrasah penyelenggara pendidikan inklusi
  4. Calon Peserta PPG dalam jabatan yang memenuhi syarat mendaftarkan diri melalui SMPATIKA ( http://simpatika.kemenag.go.id/ ) menggunakan akun masing-masing mulai tanggal 16 – 26 Mei tahun 2018.
  5. Pelaksanaan selekasi akademik akan dilakukan memalui tes Online meliputi “Tes Potensi Akademik, Tes Pedagogik, Tes Bidang Studi, dan Tes Bakat dan Minat”.
  6. Pelakasanaan selekasi akademik akan dilaksanakan di tempat ujian kompetensi (TUK) yang waktu dan tempatnya akan ditentukan kemudian.
Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru PNS/ Honorer Madrasah yang belum memiliki Surat Edaran Dirjen pendis Nomor : 378/ Dt.I.II/2/ Kp.02.3/5/2018 Tentang Persiapan Pelaksanaan PPG dalam Jabatan bisa mengunduhnya melalui tautan link di bawah ini:
SE Pelaksanaan PPG Kemenag 2018.pdf, Unduh
Demikian Pendaftaran PPG/ PPGJ dalam Jabatan Kementerian Agama (Kemenag) Tahun 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.
Pendaftaran PPG Kemenag Tahun 2018 | Ambar | 4.5