Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 Tahun 2019

By Ambar Ima | July 15, 2019

Programpendidikan.com – Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 Tahun 2019. Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum 2013 dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran (ICT for learning) yang terintegrasi pada semua mata pelajaran karena pada hakikatnya, saat ini semua kegiatan kehidupan termasuk pembelajaran, berbasis TIK.

Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013, yaitu membimbing peserta didik untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran, memberikan layanan/fasilitasi kepada sesama guru untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dan memberikan layanan/fasilitasi kepada tenaga kependidikan untuk mengembangkan sistem manajemen sekolah berbasis TIK.

Pada Kurikulum 2013 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan talh menyusun Pedoman Implementasi Muatan / Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013. Pedoman ini di susun dengan tujuan:

  1. memahami pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan Informatika pada
    pendidikan dasar dan menengah;
  2. memahami konsep Informatika, muatan, dan perangkat kurikulumnya;
  3. memahami proses pembelajaran yang diharapkan akan dilaksanakan;
  4. mengetahui kriteria sekolah pelaksana mapel Informatika; dan
  5. memahami prinsip, tahapan, dan strategi implementasi muatan/mapel Informatika di sekolah.

Pedoman Impementasi Mata pelajaran Informatik disusun bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan muatan/mapel Informatika, yakni: (1) dinas pendidikan provinsi maupun kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya; (2) sekolah; dan (3) guru.

Pedoman Implementasi Mapel Informatika.pdf, Unduh

Demikian Pedoman Implementasi Mapel / Muatan Informatika Kurikulum 2013 Tahun 2019 kami bagiakan, smeoga bermanfaat. Sumber : Websiteedukasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *