KKM Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs K13 Revisi 2018

KKM Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs K13 Revisi 2018 – KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. Penilaian pada kurikulum 2013 berbasis kompetensi menggunakan acuan kriteria. Di rapor kita akan menemui adanya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang akan bersandingan dengan nilai yang diperoleh siswa.

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada satuan pendidikan dirumuskan secara bersama antara kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya. KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek meliputi:

  1. Karakteristik peserta didik (intake).
  2. Karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi / kompetensi).
  3. Kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.

Menentukan nilai aspek karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) dengan memperhatikan komponen-komponen berikut;

1.Karakteristik Peserta Didik (Intake)

Karakteristik peserta didik (intake) bagi peserta didik baru (kelas VII) antara lain memperhatikan rata-rata nilai rapor SD, nilai ujian sekolah SD, nilai hasil seleksi masuk peserta didik baru di jenjang SMP. Bagi peserta didik kelas VIII dan IX antara lain diperhatikan rata-rata nilai rapor semester-semester sebelumnya.

2. Karakteristik Mata Pelajaran (Kompleksitas)

Karakteristik Mata Pelajaran (kompleksitas) adalah tingkat kesulitan dari masing-masing mata pelajaran, yang dapat ditetapkan antara lain melalui expert judgment guru mata pelajaran melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat sekolah, dengan memperhatikan hasil analisis jumlah KD, kedalaman KD, keluasan KD, dan perlu tidaknya pengetahuan prasyarat.

Dalam menentukan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mata pelajaran khususnya Bahasa Indonesia seperti yang di sampaikan pada paragraf diatas dirumuskan secara bersama oleh Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat sekolah. Yang menjadi pertanyaan, sudahkan anda memiliki KKM Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018? Jika belum, pada postingan ini saya akan berbagi KKM Bahasa Indonesia Kelas 8 K-13 Edisi Revisi 2018 yang bisa and aunduh secara gratis.

Adapun contoh KKM Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 tahun pelajaran 2018/2019 sebagai berikut;

Selengkapnya, bagi bapak/ibu guru yang membutuhkan KKM Bahasa Indonesia Kelas 8 jenjang SMP/MTs K13 Revisi 2018 semester 1 dan semester 2 bisa mengunduhnya pata tautan link yang saya sematkan dibawah ini;

KKM Bahasa Indonesia Kelas 8 K13 Revisi 2018.xlsx, Unduh File

Demikian KKM Bahasa Indonesia Kelas 8 jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

KKM Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs K13 Revisi 2018 | Ambar | 4.5