Juknis TPG Madrasah Revisi Tahun 2018

Juknis TPG Madrasah Revisi Tahun 2018 – Revisi Juknis Madrasah 2018 ini merupakan revisi terhadap Petunjuk Teknis pembayaran Tunjangan Profesi bagi guru Madrasah tahun anggaran 2018 yang sebelumnya telah ditetapkan melalui Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7214 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Pembayaran Tunjangan Profesi Bagi Guru Madrasah Tahun 2018.

Dirjen Pendis Kemenag telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor :1401 /Dj .I/KU.01.1 /04/2018 Tentang Revisi Petunjuk Teknis Pembayaran Tunjangan Profesi Bagi Guru Madrasah Tahun 2018. bersama ini di sampaikan beberapa perubahan sebagai berikut:

1. Ketentuan beban kerja bagi Kepala Madrasah yang dipedomani sebagaimana tertulis pada halaman 7 poin 10. Adapun ketentuan beban kerja bagi Kepala Madrasah yang tertulis pada halaman 15 poin 26f sepenuhnya dihapus atau dinyatakan tidak berlaku.

2. Ketentuan beban kerja bagi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai Pembina pramuka sebagaimana tertulis pada halaman 9 poin 11e. Adapun ketentuan beban kerja bagi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai Pembina Pramuka yang tertulis pada halaman 14 poin 26a yang awalnya tertulis:

a. Guru kelas/guru mata pelajaran yang melaksanakan tugas tambahan sebagai Pembina pramuka (minimal telah bersertifikat khusus mahir dasar) dihitung sebagai bagian dari pemenuhan beban kerja guru paling banyak 2 (dua) jam pelajaran per minggu, Jumlah guru yang diberi tugas tambahan sebagai Pembina pramuka di kegiatan ekstra kurikuler wajib di satu madrasah yang merupakan satminkalnya adalah sebagai berikut:
1) Jumlah rombel 1 – 6 sebanyak 1 pembina pramuka;
2) Jumlah rombel 7 – 12 sebanyak 2 pembina pramuka;
3) Jumlah rombel 13 – 18 sebanyak 3 pembina pramuka;
4) Jumlah rombel >18 sebanyak 4 pembina pramuka.

Direvisi sehingga berbunyi sebagai berikut:

a, Guru kelas/guru mata pelajaran yang melaksanakan tugas tambahan sebagai Pembina pramuka (minimal telah bersertifikat khusus mahir dasar) dihitung sebagai bagian dari pemenuhan beban kerja guru paling banyak 6 (enam) jam pelajaran per minggu. Jumlah guru yang diberi tugas tambahan sebagai Pembina pramuka di kegiatan ekstra kurikuler wajib di satu madrasah yang merupakan satminkalnya adalah sebagai berikut:
1) Jumlah rombel 1 – 6 sebanyak 1 pembina pramuka;
2) Jumlah rombel 7 – 12 sebanyak 2 pembina pramuka;
3) Jumlah rombel 13 – 18 sebanyak 3 pembina pramuka;
4) Jumlah rombel >18 sebanyak4 pembina pramuka.

3. Ketentuan beban kerja bagi guru TIK yang mendapat tugas tambahan sebagai wakil kepala madrasah sebagaimana tertulis pada halaman 7 poin 11a. Adapun ketentuarf beban kerja bagi guru TIK yang mendapat tugas tambahan sebagai wakil kepala madrasah yang tertulis pada halaman 16 poin 269 yang awalnya tertulis:

g Bagi guru pembimbing TIK yang mendapat tugas tambahan sebagai lVakil Kepala Madrasah/Kepala Laboratorium Kepala Perpustakaan, Kepala Bengkel/Kptua program Keahlian/Kepala Unit Produksi yang melaksanakan Kurikulum 2013 untuk memenuhi 24 jam tatap muka per minggu harus membimbing paling sedikit 80 (delapan puluh) peserta didik di satminkalnya.

juknis TPG madrasah

Selengkapnya, bagi bapak/ibu guru yang ingin mengetahui Kriteria Guru Madrasah Penerima Tunjangan Profesi (TPG) dan informasi lainnya yang lebih lengkap, bapak ibu guru bisa mengunduh melalui tautan link di bawah ini.
Juknis TPG Madrasah Tahun 2018.pdf, Unduh
Revisi Juknis TPG Madrasah 2018.pdf, Unduh
Demikian Petunjuk Teknis (Juknis) Penyaluran TPG bagi Guru Madrasah Kementerian Agama Repulik Indonesia (Kemenag) Tahun 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.
Juknis TPG Madrasah Revisi Tahun 2018 | Ambar | 4.5