Indahnya Senyum Persami SDIT Al Jihad Kota Metro

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada tanggal 08 Februari – 09 Februari 2013, SDIT “Al Jihad Kota Metro” mengadakan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu). Persami bertempat di lapangan atau halaman depan SDIT “Al Jihad Kota Metro” . Peserta Persami adalah anak-anak kelas 1 sampai kelas 4 (Penggalang) yang dibagi dalam 4 regu, yaitu 2 regu putri dan 2 regu putra.

Sebelum Persami dibuka, bapak- ibu guru selaku kakak pembina,  serta para bapak-bapak pembantu pelaksana telah mendirikan tenda sejak hari Sabtu tepatnya setelah pulang sekolah. Antusias mereka sangat tinggi demi terlaksananya Persami. Keceriaan dan kebersamaan telah nampak dalam diri mereka ketika mendirikan tenda meskipun panasnya terik matahari sangat menyengat.

Kegiatan Persami secara resmi dibuka oleh Ibu Dra. Hj. Rita Suryani Nawi selaku Kepala Sekolah SDIT “Al Jihad Kota Metro”. Adapun tujuan Persami, antara lain:

  • Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam Kepramukaan.
  • Menghayati isi yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.
  • Melatih kemandirian, tanggung jawab, dan kerjasama.
  • Macam kegiatan selama Persami, antara lain upacara pembukaan, pembinaan Islami, api unggun, pentas seni dari peserta pramuka, ibadah Sholat  dzuhur, ashar, maghrib, isya, dan subuh, senam pagi, pembekalan Who Am I, penjelajahan. Masing-masing regu diwajibkan untuk membawa perlengkapan kemah, ibadah dan perlengkapan pribadi.

Pada acara api unggun, anak-anak mengucapkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Kegiatan yang menyenangkan adalah saat unjuk kreativitas seni tiap regu. Ada yang menampilkan yel-yel regu, menyanyi, dan menonton film pramuka bersama-sama. Para Pembina Pramuka juga tidak mau kalah. Mereka juga menunjukkan bakat dan kreativitasnya, terlihat sekali betapa cerianya anak-anak saat itu.

Selanjutnya acara renungan malam dipimpin oleh Kak Erik. Seiring dengan turunnya hujan rintik-rintik, suasana juga semakin hening, saat itu anak-anak diajak untuk merefleksikan hidup mereka, bagaimana kehidupan sehari-harinya, apakah sudah bisa menghargai orang tua, guru, dan teman-teman mereka? Renungan malam diakhiri dengan doa malam dan selanjutnya anak-anak beristirahat diruang kelas kerena cuaca sedikit hujan.

Kegiatan hari Minggu diawali dengan senam pagi dan dilanjutkan Wide Game atau penjelajahan. Anak-anak harus menjalani tantangan pada tiap-tiap pos. Salah satu tantangan yang melatih kerjasama adalah pada Pos I. Pada Pos I setiap regu diajak untuk menyusun anggota regunya berbaris memanjang. Anak-anak satu persatu merangkak secara bergantian dengan penuh percaya diri, kesabaran dan kerjasama regu.

Setelah anak-anak diberi waktu untuk beristirahat, kegiatan Persami ditutup dengan upacara penutup dan penyerahan hadiah kepada 3 regu terbaik. Terlihat cerianya anak-anak dan terdengar sorak-sorai saat para juara menerima hadiah tersebut dan diakhiri dengan doa penutup sekaligus ucapan Puji syukur kepada Allah SWT. Yang telah melunakan hati hamba-Nya untuk tunduk dan patuh pasrah dan tawakal kepada-Nya Sehingga segala aktifitas kita bersandar pada nilai-nilai Islami. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada uswatun hasanah, yang berakhlak mulia sebagai pemimpin ummat dan rahmatan lil `alamin Nabiullah Muhammad Saw. karena acara Persami dari awal hingga akhir semua dapat berjalan dengan lancar.Amiin.

Sungguh mengesankan Persami kali ini, anak-anak benar-benar dilatih untuk mandiri, jauh dari orang tua, berdesak-desakan ditenda, rasa gerah, kepanasan, tetapi juga senang bisa berkumpul dengan teman-teman. Semua rasa itu terlebur dalam kebersamaan. Mereka harus belajar toleransi satu dengan yang lain. Berbagai kelucuan terjadi pada Sabtu malam. Apalagi dalam Persami tersebut juga memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak. Agar lebih mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab.

Intinya manfaat yang dapat diambil dari Persami ini diantaranya adalah melatih interaksi sosial antara siswa sehingga dapat bertanggung jawab terhadap tugas-tugas, menanamkan arti kebersamaan dan tolong-menolong seperti yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Karena unsur-unsur tersebut merupakan prinsip dasar dalam menjalani kegiatan di sekolah dan prinsip dasar hidup anak-anak di masa mendatang.

Hidup Pramuka! Hidup SDIT “Al Jihad’ Kota Metro!
Salam Pramuka.

Review Agenda,
Hari               :  Sabtu –  Minggu
Tanggal        :  08-09 Februari 2014
Pukul             :  07.15 WIB s/d selesai.
Tempat         :  Lapangan atau halaman depan SDIT Al Jihad Kota Metro

Tema : Meningkatkan Sodaritas, Kreatifitas, Rasa Bertanggung jawab dan Kemandirian.

The Rundown
A. HARI PERTAMA
1. Pengondisian peserta










Ayoo bariiis………







2. Malam Kreatifitas

Tunjukan yel-yel terbaiknya…….




















Malam bina islam (Renungan malam)



B. HARI KEDUA (Penjelajahan)
    Tetap ceria ^_^

    

                   

                   


     


Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Indahnya Senyum Persami SDIT Al Jihad Kota Metro | Ambar | 4.5