Dampak Buruk Curang/Mencontek Saat Ujian

Hay sobat, taukah kamu dampak yang di timbulkan apabila kita sering mencontek atau curang saat mengikuti ujian. Pada kali ini saya akan mengilustrasikan Dampak Buruk Curang/Mencontek Saat Ujian dalam sebuah cerita yang di beri judul “Curang“. Cerita ini di buat hanyalah fiktif belaka, apabila ada kesamaan saya mohon maaf.

Apa dampak buruk yang ditimbulkan apabila kita sering mencontek, bacalah cerita yang saya buat di bawah ini;

Curang
Pagi itu, anak -anak kelas dua siap mengerjakan Ujian biologi. Bel tanda masuk sekoah sudah berdentang lima menit yang lalu, tetapi Toni belum muncul juga. Sep, kamu tidak nyamperin Toni?” tanya Dedi. “Tadi udah aku panggil tapi nggak ada jawaban. Kukira dia sudah berangkat duluan,” jawab Asep.
Ibu Eni masuk kelas. Semuanya diam. Setelah berdoa bersama yang di pimpin ketau kela, Bu Eni membagikan soal ualangan beserta lembar jawaban. 
Suasana hening. Murid kelas dua SMP Anak Tuha serius mengerjakan soal – soal ujian. Tiba – tiba terdengar langkah kaki terburu – buru masuk kelas, Toni terlambat.
“Maaf, Bu. Saya kesiangan karena ketiduran,” kata Toni masih terengah – engah. Bu eni segera menyuruh Toni ke tempat duduknya dan memerikan soal.
Beberapa kali Toni melirik kepada BU Eni yang berdiri di depan kelas. Lalu, Toni merogoh saku celana dan mengeluarkan gulungan kertas. Toni Menyontek!
“Ada apa Ton?” suara BU Eni terdengar lembut menyapanya dari samping. Toni tidak tahu BU Eni sudah berada di dekatnya karena dia asyik membaca contekannya. Toni menundukkan kepala. Pensilnya di putar – putar dengan jari. Wajah tegang.
“Kamu tidak belajar, ya?” tanya Bu Eni dengan suara lembut. Toni hanya mengangguk. Toni masih terpekur. Dia sadar kebiasaan berbuat curang ternyata hanya merugikan diri sendiri. Walaupun perbuatan curang tidak di ketahui orang lain, hati kecil kita tetap merasa bersalah. Sekarang, akibat curang dengan menyontek malah membuatnya malu kepada teman – temannya dan BU Eni, guru yang palin baik.
Memang membohongi hati kecil itu paling sulit. Mulut dapat berkata lain, tetapi hati kecil tidak dapat menolak kebenaran. Nah, kalu semua murid seperti Toni bagaimana jadinya nanti. Kita akan melihat generasi curang yang selalu membohongi hati kecil. Mungkin negara ini tidak akan maju apabila di penuhi oleh oarang – orang seperti itu,
Bagai mana mau maju, kita selalu mencuri hasil ide orang lain dan tidak mau berpikir sendiri. Namu, kalau rasa curang itu di anggap perlu, mengapa Toni merasa bersalah.
Ternyata curang itu sangat buruk. Kecurangan akan menghambat daya kreativitas kita untuk lebih maju. Karena itu, kecurangan harus di hindari oleh setiap orang. kalau dapat, harus ada sanksi bagi mereka yang melakukan kecurangan agar tidak mengulanginya lagi.
Setelah membaca cerita pendek di atas, sekarang tentunya kamu sudah tahu dampak buruk yang di timbulkan dalam mencontek atau berbuat curang saat mengikuti ujian. Maka dengan itu segera hilangkan dan belajarlah dengan tekun dan sungguh – sungguh agar menjadi pelajar yang berprestasi.
Dampak Buruk Curang/Mencontek Saat Ujian | Ambar | 4.5