Contoh Surat Permohonan Maaf Yang Baik dan Benar

Ibarat kata pepatah bahwa tidak ada gading yang tidak retak, demikian pula manusia. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, baik yang di sengaja maupun tidak di sengaja. Oleh kerena itu, sebagai makhluk yang tidak sempurna, seharusnya kita saling memaafkan. Orang yang bersalah hendaknya meminta maafdan sebaliknya yang di mintai maaf pun mau memberikan maafnya.

Bagaimana cara menyampaikan permohonan maaf? Anda yang melakukannya langsung secara lisan, tetapi ada juga yang menyampaikannya melalui tulisan karena alasan – alasan tertentu seperti jarak yang berjauhan di luar kota atau di luar negeri. Permohonan maaf yang di sampaikan melalui tulisan dapat di buat dalam bentuk surat peribadi. Untuk itu, perhatikan contoh surat permohonan berikut ini:

Contoh Surat Permohonan Maaf dan Permohonan Izin

Surat Permohonan Maaf

Jakarta, 4 Januari 2015

Yth, Ketua MPR …………………….
Jakarta

Dengan hormat, saya telah menerima surat undangan rapat pembentukan Panitia Bakti Kesehatan PMR yang Saudara kirimkan. Namun, saya minta maaf tidak dapat menghadiri rapat tersebut karena kesehatan saya terganggu dan belum dapat hadir di Kantor Pusat.

Untuk tidak mengurangi rasa peduli saya terhadap pentingnya kegiatan ini, saya mengirimkan wakil saya. Segala sesuatu tentang kepanitiaan, keputusannya saya percayakan kepada wakil saya.

Demikian surat ini saya sampaikan. Sekali lagi saya memohon maaf. Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama pemohon)

Surat yang berisi permohonan di sebut surat permohonan. Beberapa surat permohonan lain misalnya surat permohonan izin dan surat permohoanan bantuan. Perhatikan contoh surat berikut ini!

Surat Permohonan Izin

Yth. Bapak Wali Kelas …………..
Jakarta

Melalui surat ini, saya selaku wali murid Dien Syamsudin, kelas 2 C dengan hormat memberitahukan bahwa anak tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah karena sakit (surat dokter terlampir). Untuk itu, saya memohon izin untuk anak saya tersebut tidak mengikuti pelajaran selama tiga hari (4 – 7 Januari 2016).

Demikian surat ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Syamsudin M.

Wali murid

Itulah contoh surat permohonan maaf tidak bisa mengahdirii rapat dan surat permohonan izin tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah, dengan adanya contoh ini kamu tidak perlu binging lagi membuat surat permohonan. Sekian dulu ya sobat, saya haturkan terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Contoh Surat Permohonan Maaf Yang Baik dan Benar | Ambar | 4.5