Contoh : Maksud dan Tujuan Pelaksanaan Lomba

  MAKSUD DAN TUJUAN PELAKSANAAN 
KEGIATAN LOMBA

A.   Dasar Pemikiran
Tujuan pendidikan dalam Islam sebagaimana diamanatkan Alloh Azza Wa Jalla, adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Alloh Robbul Izzati, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, dan mandiri, dengan mengemban nilai-nilai dalam Al Qur’an dan yang dicontohkan Rosululloh Muhammad Sholollohu ‘alaihi wa salam, maka dipandang perlu bagi para peserta atau siswa untuk mengekspresikan nilai-nilai tersebut yang telah didapatkan dalam proses pendidikan dalam sebuah ajang yang kami namakan NAMA LOMBA. Selain itu, kegiatan ini juga bermaksud untuk memperkenalkan NAMA SEKOLAH kepada masyarakat.

Dalam kegiatan ini, para siswa termotivasi untuk terus berlomba-lomba dalam kebaikan, menggali potensi diri, menambah materi pendidikan dengan nilai-nilai Al Qur’an dan menerapkannya dalam keseharian mereka.

  B.   Dasar Pelaksanaan

وَلْيَخْشَ ٱلَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا۟ مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةًۭ ضِعَٰفًا خَافُوا۟ عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَلْيَقُولُوا۟ قَوْلًۭا سَدِيدًا

“Hendaklah mereka takut seandainya meninggalkan di belakangmu generasi yang lemah,  dan bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu sekalian berkata perkataan yang benar.”.( QS. An Nisa` : 9)

  C.   Maksud dan tujuan
Kegiatan ini bermaksud mengedukasi anak agar tidak pasif tetapi aktif sesuai dengan alam pikirannya yang masih anak-anak. Menggores garis-garis di atas kertas putih kosong, sesuai dengan ide yang dituangkan atau sesuai dengan apa yang diinginkan, setidak-tidaknya anak diajak untuk melatih psikomotorik yang terkait dengan kognitif dan afektifnya.

Diselenggarakannya kegiatan NAMA LOMBA mempunyai beberapa tujuan sebagai berikut :

1.  Berpartisipasi dalam membentuk generasi robbani yang memiliki nilai-nilai Qur’ani
2.  Memacu peningkatan kemampuan peserta dalam Menghafal Al Qur’an
3.  Menjalin Ukhuwah Islam
4.  Membentuk  kepribadian anak yang berani dan berkompetisi secara sportif, belajar mengambil keputusan sendiri, dan belajar bersabar bahwa kemenangan itu memerlukan proses.

  D.   Kegiatan dan tema kegiatan

Kegiatan ini diberi nama “NAMA LOMBA” yang bertema “Generasi Muslim Bergerak Mencetak Karya”

Demikian maksud dan tujuan diadakannya NAMA LOMBA untuk menjadi bahan acuan dan kerangka dasar demi terlaksaknanya kegiatan yang dimaksud, sekaligus menjadi bahan pertimbanga bagi Bapak/Ibu/Saudara (i) untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Contoh : Maksud dan Tujuan Pelaksanaan Lomba | Ambar | 4.5