Cara Mutasi dan Mengganti Kepala Sekolah di Dapodik 2018

Cara Mutasi dan Mengganti Kepala Sekolah di Dapodik 2018 – Memutasikan dan mengganti kepala Sekolah lama dengan yang baru mudah untuk dilakukan tetapi untuk melakukan pekerjaan ini kita harus melalui prosedur yang benar, karena jika ada kesalahan sedikit saja maka dapodik Anda tidak memiliki kepala sekolah atau PTK tidak bisa ditarik secara online.

Untuk melakukan mutasi kepala sekolah di dapodik 2018, persiapkan SK Mutasi Kepala Sekolah. Apabila sudah ada, langkah selanjutnya Anda bisa mengikuti pada panduan dibawah ini;

Cara Mutasi dan Mengganti Kepala Sekolah di Dapodik 2018

1. Contact/hubungi Operator Sekolah di tempat tugas lama kepala sekolah yang akan dimutasikan ke sekolah baru agar segera mengeluarkan kepala sekolah tersebut dengan prosedur sebagai berikut:

  • Pastikan saat kepala sekolah atau PTK yang dikeluarkan, di kolom tugas tambahan Terhitung selesai tugas (TST) sudah terisi sesuai SK mutasi
  • Saat mengeluarkan PTK/Kepala Sekolah di penugasan dipilih Sekolah Non Induk

2. Tarik data kepala sekolah yang akan di mutasikan ke sekolah baru, Aktifkan Internet, lalu masuk ke login operator sekolah di alamat web dapodikdasmen http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops. kemudian selanjutnya gunakan username dan password untuk login dapodik, lalu klik tombol panah warna merah ke kanan seperti pada gambar dibawah ini.

3. Pada laman satuan pendidikan klik tombol Tarik PTK, di halaman mutasi PTK lengkapi isian sekolah asal, pilih propinsi, kabupaten kota, kecamatan, dan nama sekolah. seperti pada gambar dibawah ini.

4. Kemudian pada laman “pilih PTK yang akan dimutasikan” arahkan kursor ke kolom Nama PTK lalu ketik nama PTK disana kemudian klik tombol Cari PTK. lanjutkan dengan klik ikon opsi, terakhir klik tombol “konfirmasi proses mutasi” seperti pada gambar dibawah ini.

5. Selanjutnya buka aplikasi dapodik, klik tombol validasi kemudian lakukan sinkronisasi agar PTK yang kita mutasikan ditarik ke aplikasi. setelah proses sinkronisasi selesai, cek tabel PTK apakah sudah ada nama PTK baru, jika sudah berarti kita lanjut ke langkah berikutnya, namun apabila belum ada nama PTK baru silahkan ulangi kembali seperti langkah 1.

6. Di langkah ini memiliki hubungan erat dengan langkah 1, perhatikan dengan seksama, buka Menu PTK, cari Kepala Sekolah lama, kemudian klik tombol “Ubah”. dilaman selanjutnya cari menu tugas tambahan, pada kolom TST, isikan tanggal mutasi kepala sekolah sesuai SK seperti pada gambar dibawah ini.

7. Langkah berikutnya tekan tombol penugasan PTK yang tadi, pada pilihan sekolah induk, pilih “Tidak” kolom keaktifan PTK di kosongkan, pada kolom keluar karena pilih “mutasi”, tanggal keluar di sesuaikan dengan SK mutasi Kepsek. jika telah selesai klik tombol “Simpan dan tutup” lihat petunjuknya pada gambar.

8. Masih di menu PTK, pilih nama Kepala Sekolah baru, klik ubah lalu pilih tugas tambahan, klik tombol tambah, lalu pada jabatan PTK pilih kepala sekolah. Kemudian nomor SK diisi sesuai SK mutasi kepsek baru, dan terakhir isi juga tmt tambahan, untuk TST dikosongkan jangan diisi, seperti pada gambar.

9. Dilanjutkan dengan mengklik tombol penugasan PTK, isikan nomor surat tugas, tanggal surat, dan TMT (Sesuai SK), nah berikutnya pilih “Sekolah induk” pada kolom keaktifan PTK centang seperlunya, disini saya mencontohkan sampai bulan agustus. berikutnya klik tombol “simpan dan tutup”

Apabila semua langkah 1 sampai 9 telah selesai, langkah terakhir adalah melakukan sinkronisasi ke 2 agar kepala sekolah lama bisa ditarik oleh ops ke tempat tugas sekolah yang baru.

Demikian saya sampaikan tutorial cara memutasikan dan mengganti kepala sekolah lama dengan yang baru di aplikasi dapodik versi 2018. Mohon maaf jika ada kekurangan, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Cara Mutasi dan Mengganti Kepala Sekolah di Dapodik 2018 | Ambar | 4.5