Cara Mengisi JJM Kepala Sekolah di Dapodik 2018

Cara Mengisi JJM Kepala Sekolah di Dapodik 2018 – Sudahkan Bapak/Ibu Operator sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan SMK mengisi JJM Kepala Sekolah di Dapodik versi 2018? Sebenarnya langkah-langkah mengisi Jumlah Jam Mengajar (JJM) Kepala Sekolah ini sudah ada di panduan penggunaan dapodikdasmen 2018, disana sudah dijelaskan mengenai cara pengisian jjm guru mapel, Tik, BK, Tugas tambahan Kepala Sekolah, Wakasek, Kepala Laboratorium, Kepala Perpustakaan dan lain-lain.

Bagi bapak/Ibu operator sekolah yang belum membaca panduan atau mengetahui cara pengisian JJM, disini saya akan memberikan tutorialnya secara lengkap agar mudah di pahami. Berikut Cara Mengisi JJM Kepala Sekolah di Dapodik Versi 2018 sebagai berikut;

Cara Mengisi JJM Kepala Sekolah di Dapodik Versi 2018

Pada Tahun Pelajaran 2017/2018 ini ada sedikit perubahan dalam pengisian data “KEPALA SEKOLAH” baik jenjang SD dan SMP yaitu :

1. Jika kita mengacu ke Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2017, Maka mulai tahun pelajaran 2017/2018 Beban Kepala Sekolah di perbolehkan tidak mengajar.

2. Dikarenakan KEPSEK “boleh tidak mengajar” maka ada sedikit penambahan dalam pengisian data individu KEPSEK. Ada fitur tambahan di data individu PTK, fitur baru itu adalah “Jenis PTK”. Khusus Kepsek wajib memilih “KEPALA SEKOLAH” di Jenis PTK nya.

Dengan memilih jenis PTK nya kepala sekolah maka otomatis PTK tersebut akan mendapatkan 24 jam walaupun tidak mengajar sama sekali, jadi jangan lupa mengisi jenis PTK khusus untuk KEPALA SEKOLAH.

3. Walaupun ada fitur Tambahan di jenis PTK Khusus untuk KEPSEK, akan tetapi Tugas Tambahan Kepsek TETAP WAJIB di isi seperti biasa.

Bapak/Ibu Operator sekolah, disini saya akan mencontohkan cara pengisian Jumlah Jam Mengajar Kepala Sekolah SMP di Dapodik 2016. Adapun contoh pengisian JJM kepala Sekolah berikut, misalnya kepsek tersebut mengajar jjm liniernya mapel IPA dengan jumlah 13 rombel. Disini kepsek mengajar mapel IPA 6 jam dikelas ditambah dengan 18 jam tambahan kepsek sehingga totalnya 24 jam dan itu memenuhi syarat untuk pencairan tunjangan sertifikasi guru. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti panduannya dibawah ini.

1. Pada aplikasi dapodik 2016 klik menu PTK, pilih Kepala Sekolah, kemudian klik tombol “Ubah”. Pada tabel Data rincian PTK, pilih menu tugas tambahan, klik tombol “tambah” lalu isi jabatan PTK pilih kepala sekolah, Nomor SK, dan tmt tambahan. Setelah selesai klik tombol simpan. Sampai langkah ini JJM kepala sekolah anda sudah dihitung 18 jam.

2. Langkah selanjutnya klik menu Rombongan belajar, pilih kelas kemudian klik tombol “pembelajaran”. pada tabel pembelajaran pilih PTK (Kepsek). isikan nomor SK mengajar, Tanggal SK dan Jumlah jam, Nah karena tidak bisa langsung 6 jam jadi isikan saja 4 jam.

3. untuk menambah 2 jam agar cukup 6 jam, klik tombol tambah, pada alokasi jam pilih “Matpel wajib (tambahan Max 4 jam). lalu klik “simpan dan lanjutkan”. Pada tambel pembelajaran kelompok 2 – matpel wajib, di isi sebagai berikut;

  1. Mata Pelajaran: Pilih Mapel yang diajarkan PTK/Kepsek (contoh tadi: Ilmu Pengetahuan Alam)
  2. Nama Mata Pelajaran: Ketikkan Ilmu Pengetahuan Alam
  3. SK Mengajar: Nomor SK pembagian tugas mengajar
  4. Tanggal SK: Sesuai SK
  5. Jam mengajar perminggu: isikan 2 jam

Apabila sudah selesai, kemudian Anda klik tombol simpan dan tutup seperti contoh gambar gambar dibawah ini.

Setelah selesai pengisian JJM Kepala Sekolah, maka dilanjutkan dengan sinkronisasi aplikasi dapodik agar perubahan berhasil dan data masuk ke server. sebelum sinkronisasi saran saya cek terlebih dahulu semua JJM PTK melalui Menu unduhan, dan klik profil sekolah, cek satu persatu jjm PTK pastikan sudah 24 jam semua.

Demikian saya sampaikan tutorial Cara pengisian JJM Kepala Sekolah Pada Dapodik Versi 2018. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Cara Mengisi JJM Kepala Sekolah di Dapodik 2018 | Ambar | 4.5