Cara Isi Absensi Kehadiran Guru DHGTK Online 2018

Cara Isi Absensi Kehadiran Guru DHGTK Online 2018 – DHGTK Online merupakan sebuah aplikasi untuk mendata kehadiran guru / absensi guru secara online berbasisi website melalui laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id . Pengisian absen atau kehadiran guru online setiap hari berdasarkan keaktifan yang di centang dari aplikasi dapodik. Untuk mengisi absen guru secara online melalui link resmi kemdikbud.

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan dilakukan secara online baik itu di sekolah negeri dan swasta. Selain mencatat kehadiran guru dan tenaga kependidikan harian, dapat juga dilakukan mingguan atau bulanan. Untuk menginput kehadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem yakni user id kepala sekolah dan user id operator dapodik.

Perlu bapak/ibu kepala sekolah dan operator dapodik ketahui, kedua user id tersebut terupdate datanya secara langsung dari data dapodik, baik itu dari Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud. untuk melakukan perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing, setelah melakukan perubahan userid dan password yang dilakukan melalui aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 hari berhasil syncron.

 

Peran dan tanggung jawab dari petugas absen sebagai berikut :

  • Segera melaksanakan tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat tugas yang diberikan
  • Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab
  • Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK
  • Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK

Bapak/Ibu Operator sekolah yang saya hormati, apabila Anda belum mengetahui cara mengisi absen guru online, Anda bisa ikuti panduannya dibawah ini.

Langkah-langkah Mengirisi Absen Guru Online 2018

1. Siapkan laptop dan jaringan internet

2. Buka browser internet chrome atau yang lainny dan menuju link berikut;

  • http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
  • http://223.27.144.195:2017/index.php

3. Setelah Mengunjungi alamat di atas maka akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini. Lalu Kepala Sekolah segera melakukan login dengan cara mengklik “LOGIN SEKOLAH”

4.Setelah lama terbuka, pada form login sim kehadiran guru user id Anda isikan username dapodik sekolah Anda, begitu pula dengan password. berikutnya kode captcha, lalu tekan tombol login seperti penampakan gambar dibawah ini.

5. Pada laman beranda aplikasi sim data kehadiran guru. Klik menu “Kehadiran” maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

 

6. Apabila daftar hadir guru belum muncul klik menu “buat daftar hadir” dan jika masih belum muncul juga klik tombol refresh. sehingga ini tampilan absen semester 2 tahun pelajaran 2017/2018.

7. Cara pengisian daftar kehadiran guru pada aplikasi sim tersebut, silakan Anda contreng setiap hari sesuai tanggal kehadiran guru. Apabila ada guru yang sakit, izin atau dinas luar silakan klik menu data guru, kemudian pilih guru yang sakit pada hari tersebut lalu klik tombol “input surat izin/dinas luar/sakit

8. Pada menu input surat izin, silakan Anda isikan nomor surat izin, perihal surat, tanggal surat izin, ditandatangani kepala sekolah, NIP, jabatan, jenis izin silakan pilih, kemudian klik tombol “simpan

 

Apabila pengisian data kehadiran telah selesai, silahkan klik tombol simpan agar laporan data kehadiran guru sekolah Anda berhasil di simpan di server pusat.

Selengkapnya, silahkan anda download Panduan DGHTK Data Kehadiran Guru Online pda tautan link yang saya sematkan dibawah ini;

Panduan DGHTK Data Kehadiran Guru.pdf, Unduh File

Demikian Cara Isi Absensi Kehadiran Guru DHGTK Online versi 2018 yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Cara Isi Absensi Kehadiran Guru DHGTK Online 2018 | Ambar | 4.5