Cara Mengetahui Kecerdasan Anak

Apakah Anda sudah menikah dan sudah memiliki anak? Bagi Anda sebagai orang tua, apabila ingin mengetahui kecerdasan, bakat dan minat anak bisa membaca artikel ini, disini saya kan menuliskan cara mengetahui kecerdasan yang di miliki anak.

Apakah Anda menginginkan anak menjadi tumbuh cerdas? tentunya Anda perlu melihat dengan seksama kecerdasan apa yang yang dimiliki seorang anak secara alami. Perkembangan setiap anak berbeda sehingga bisa saja kecerdasan itu terlihat sekali gus sehingga kita perlu memperhatikannya secara seksama.

Sebagai contoh, seorang dokter yang hebat mempunyai kecerdasan nomor 1, 2, 3, dan 4 di atas sekaligus. jadi, sebaiknya kita sewajarnya memberikan kesempatan kepada anak untuk dapat mengembangkan dirinya melalui kegiatan yang bervariasi setiap saat. Hingga pada akhirnya, anak akan menemukan kegiatan yang beragam.

Selain itu, jangan bosan – bosan untuk melihat kecerdasan emosi anak sejak sini. Misalnya, memberikan kesempatan kepada anak untuk merasa kecewa, seperti misalnya dengan tidak menuruti segala kemauannya. Tetapi yang lebih penting di sini adalah kemampuan orang tua untuk mengajarkan kepada anak bagaimana cara mengatasi rasa kecewa tersebut.

Satu hal terpenting dalam mengasuh anak menjadi cerdas adalah; “jangan membanding-bandingkan seorang anak dengan anak lain.” Hal ini akan menghambat perkembangan kecerasan anak karena setiap anak pasti mempunyai kelebihan dari anak lain.

Sebagai orang tua kita perlu memberikan motivasi serta dorongan terhadap kelebihan anaknya dan jangan sekali-kali fokus pada kelemahannya. Karena, pada dasarnya semua anak dilahirkan dalam keadaan sangat cerdas.Sikap pengetahuan serta kemampuan oarang tua justru semakin terkubur karena ketidakberdayaan anak untuk melihat pandangan ornag tua yang terlalu menilai sempit kekurangan anaknya akibat terlalu meliaht kelebihan anak lainnya.

Selama proses menggali informasi kecerdasan anak memang cukup banyak memerlukan energi, waktu, dan biaya untuk menjadi orang tua yang baik. namun, orang tua yang lebih banyak mengerti kelebihan dan kekurangan akannya merupakan orang tua yang patut di jadikan teladan. Seiring berjalannya waktu, pada akhirnya anak akan menyadari akan kelemahannya sendiri sehingga berupaya untuk menggali kemampuannya melalui berbagai cara dan aktivitas sampai ia berhasil untuk meraih harapaannya.

Sebagai orang tua, sudah selayaknya untuk selalu memberikan semangat untuk kemajuan anaknya. Siapa lagi yang akan memberikan semangat dan motivasi jika bukan orang tua anak itu sendiri. Suasana keluarga yang nyaman dapat mendorong perkembangan anak semakin stabil dan meningkatkkan  kinerja otak sebagaimana yang di harapkan orang tua pada umumnya.

Naah, bagaimana setelah membaca penjelasan di atas, apakah ingin menjadi orang tua produktif yang ingin mengetahui kemampuan dan kecerdasan anak dengan memantau perkembangan anak dari waktu kewaktu.

Sekian dulu ya sobat, terima kasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini dapat menjadi motivasi setiap orang tua untuk mencerdaskan anaknya.

Cara Mengetahui Kecerdasan Anak | Ambar | 4.5