Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik 2018

Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik 2018 – Apabila kode registrasi dapodik tidak ditemukan saat melakukan registrasi, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu jika Koreg belum kadaluarsa atau habis masa aktif. Berbicara Kode Registrasi Dapodik, pada kesempatan ini saya akan berbagi panduan terkait kode registrasi dapodik V.2016 dan cara mendapatkannya.

Kode registrasi adalah kunci untuk memuat data sekolah. Kode registrasi ini diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan memiliki NPSN. Kode registrasi didapat dari dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) atau dengan cara login ke laman SDM di http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

Apabila belum memiliki akun di http://sdm.data.kemdikbud.go.id, maka operator sekolah harus segera melakukan registrasi dengan melampirkan surat tugasnya sebagai Operator Dapodik.

Update kode registrasi dapodik 2017/2018. CEK KODE REGISTRASI DAPODIKPAUDNI ( Link )

Setelah mengambil kode registrasi sekolah dari laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id , sebaiknya Anda pastikan bahwa kode registrasi tersimpan dan tercatat dengan baik karena sifatnya RAHASIA jadi tidak diperkenankan untuk dibagi /memberitahukan kode registrasi ini pada pihak yang tidak berkepentingan.

Bagi sekolah baru dan belum memiliki Kode registrasi, maka prosedur untuk memperoleh Kode registrasi Aplikasi Dapodik adalah sebagai berikut:

  1. Sekolah harus telah memiliki NPSN yang diterbitkan oleh PDSP-K.
  2. Operator sekolah melakukan registrasi atau mendaftar di laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id dengan melampirkan Surat Tugas atau SK Operator (file dalam bentuk *.pdf). COntoh SK Penugasan Operator Dapodik dapat di Download Disini
  3. Operator sekolah dapat mengecek status approve atau persetujuan dari admin di PDSP-K.
  4. Jika statusnya telah di-generate, maka operator sekolah dapat melihat dan mengambil Kode registrasi pada laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id sebagaimana dijelaskan di atas

Bagi Bapak/Ibu yang ingin mengambil kode registrasi, adapun langkah-langkah bisa Anda ikuti seperti contoh gambar di bawah ini.

Panduan Untuk Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik Versi 2018

1. Menuju alamat web berikut https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?, kemudian masukkan username dan password yang terdaftar di PDSPK sdm kemdikbud kemudian klik tombol login seperti gambar dibawah ini.

2. Selanjutnya arahkan kursor ke pojok kanan atas laman lalu klik “profil”. Langkah terakhir silahkan Klik Tombol Registrasi untuk melihat koreg dapodik Anda.

Note: jangan lupa kode registasi di salin dan pastekan ke tempat yang aman.

Demikian saya sampaikan terkait panduan atau cara untuk mendapatkan kode Registrasi Dapodik Versi 2018. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik 2018 | Ambar | 4.5