Cara Membaca dan Download Rapor Mutu Sekolah

Cara Membaca dan Download Rapor Mutu Sekolah di Laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id – Pengumpulan data Peta Mutu Pendidikan (PMP) merupakan langkah awal rangkaian kegiatan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Pengumpulan data peta mutu ini diperlukan agar setiap satuan pendidikan dapat mengidentifkasi kekuatan dan kelemahan masing-masing berkaitan dengan pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP), sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan untuk mencapai dan bahkan melampaui SNP.

Sudahkah Bapakdan Ibu melakukan atau selesai melaksanakan dan menginput Instrumen Peta Mutu Pendidikan (PMP) tahun 2017? Bagi sekolah yang belum, perlu kami ingatkan bahwa batas waktu pengiriman data PMP 2017 Sampai tanggal : 30 September 2017 Pkl 23:59.

Bagi Sekolah yang sudah melakukan pengiriman data PMP 2017 secara online melalui aplikasi PMP sekolah masing-masing, Anda (pihak sekolah) termasuk Admin Kabupaten sudah dapat Membaca dan mendownload Peta atau Rapor Mutu Sekolah Melalui Aplikasi PMP pada Laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Adapun langkah-langkah Cara Membaca dan Download Peta Rapor Mutu Sekolah Melalui laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id sebagai berikut;

1. Login ke halaman http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/login atau KLIK DISINI

2. Selanjutnya masukan Email dan Password (email dan password sekolah adalah email dan password yang digunakan pada aplikasi dapodik). Jika berhasil login ke laman Rapor Peta Mutu Sekolah contohnya seperti gambar di bawah ini.

3. Untuk mengetahui Standar Capaian silahkan Klik Info Katagori Capaian, maka akan tampil katagori capaian seperti contoh gambar di bawah ini.

4. Untuk mengetahui Capaian sekolah atau Rapor Mutu Sekolah Anda silahkan Klik fitur Standar, Indikator dan Sub Indikator. Jika mengklik Standar maka akan tampil Rapor Mutu Sekolah Perstandar, bila Anda mengklik Indikator maka akan muncul Rapor Mutu Sekolah perindikator, begitu pula jika Anda mengklik Subindikator maka akan muncul rapor mutu perindikator

Berikut contoh gambar rapor mutu sekolah perstandar:

Berikut contoh gambar rapor mutu perindikator:

Cara Membaca Rapor Mutu Sekolah

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan bagaimana cara membaca Rapor Mutu tersebut?  Silahkan Anda lihat Capaian dan kelompok capaian dengan Katagori Capaian.

Sebagai contoh bila capaian sekolah Anda ditandai dengan satu bintang (yang berwarna merah) berarti katagori capaian sekolah Anda baru menuju SNP 1 atau katagori terendah, namun apabila sekolah Anda ditandai dengan empat bintang berarti sekolah Anda menuju SNP 4 (Katagori yang sudah baik) dan katagori yang paling baik ditandai 5 bintang yang artinya sudah SNP. Anda dapat melihat rapor mutu itu perstandar, perindikator maupun persubindikator. Sehingga sekolah Anda dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan sendiri.

Cara Download Rapor Mutu Sekolah

Setelah mengetahui cara membaca Rapor Mutu Sekolah, sekarang bagaimana cara downloadnya? Untuk mendownloadnya Anda tinggal mengklik fitur “Unduh Excel“. Jika berhasil berarti Anda sudah mendownload Rapor Mutu Sekolah tersebut. Kemudian Anda buka hasil download Rapor mutu Sekolah. Silahkan Anda baca sesuai penjelasan di ata yang sudah kami sampaikan.

Demikian info terkait cara membaca dan cara mendownload Rapor Mutu Sekolah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Cara Membaca dan Download Rapor Mutu Sekolah | Ambar | 4.5