Cara Cetak Sendiri Kartu Indonesia Sehat (KIS) Secara Online

Cara Cetak Sendiri Kartu Indonesia Sehat (KIS) Secara Online – BPJS dan Kartu Indonesia
Sehat (KIS) merupakan dua hal yang sering kita dengar mengenai asuransi kesehatan. Sering kali keduanya terdengar sama karena fungsinya yang ditawarkan yaitu menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. KIS merupakan sebuah kartu diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2014 sebagai kartu yang menjamin kesehatan masyarakat miskin, tanpa membayar iuran dan dapat digunakan dimana saja tidak terbatas seperti BPJS. KIS juga dikenal sebagai BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran).

BPJS merupakan bagian dari program Jaminan Kesehatan Nasional. BPJS terdiri dari dua jenis yaitu non-PBI (non-Penerima Bantuan Iuran) bagi yang mampu dan PBI (Penerima Bantuan Iuran) bagi masyarakat yang tidak mampu. Di dalam BPJS non-PBI terdapat kelas-kelas berdasarkan tingkatan pelayanan kesehatan. Setiap kelas mempunyai tarif yang harus dibayar, seperti kelas 1 kelas yang tertinggi bertarif Rp 80.000, kelas 2 Rp 51.000, dan kelas 3 Rp 30.000

Dengan membayar iuran tersebut, terdapat berbagai macam fasilitas yang ditanggung. Mulai dari rawat jalan, rawat inap, persalinan, hingga alat bantuan kesehatan. BPJS Kesehatan non-PBI memberlakukan denda jika ada keterlambatan pembayaran iuran satu bulan.

Saat ini kartu BPJS Kesehatan telah berubah menjadi Kartu Indonesia Sehat (KIS), namun Kartu lama masih tetap bisa digunakan. Hal ini sesuai pernyataan Dirut Bpjs Kesehatan Fachmi Idris, “Selain PBI, peserta BPJS Kesehatan yang mendaftar pada Maret akan langsung mendapat KIS,” Fachmi mengatakan, pembuatan kartu KIS dilakukan sesuai dengan jumlah peserta BPJS Kesehatan. Saat ini peserta BPJS Kesehatan mencapai lebih dari 133 juta orang.

Ia berharap tidak akan ada lagi ungkapan pemegang KIS adalah masyarakat miskin. Sebab, pemegang KIS adalah seluruh peserta program JKN. “Ini hanya ganti nama saja. Namun ukuran, bentuk, dan fungsi kartunya sama saja. Kartu lama masih tetap bisa digunakan,” kata dia.

Kembali pada topik pembahasan tentang Cara Cetak Sendiri Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau Kartu BPJS Kesehatan Secara Online, berikut ini penjelasannya;

Cara Cetak Sendiri KIS / Kartu BPJS Kesehatan Secara Online bisa dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan yang dapat di install melalui Smartphone Android. Selain bisa untuk cek tagihan bpjs ternyata aplikasi BPJS kesehatan di HP Android bisa untuk cetak kartu e-id bpjs kesehatan sendiri dengan mudah dan cepat.

Cara yang akan kami jelaskan berikut ini mungkin akan sedikit bermanfaat bagi anda yang akan menggantikan kartu BPJS atau KIS. Dengan cara ini anda tidak perlu antri di Kantor BPJS sehingga dapat menggagu pekerjaan, terutama bagi para PNS guru. Bapak dan ibu guru bisa memilih untuk langsung cetak kartu BPJS (KIS) atau e-id  BPJS/KIS secara online tanpa perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Untuk bisa mencetak sendiri Kartu BPJS (KIS) atau e-id  BPJS/KIS secara online anda harus menginstall aplikasi bpjs kesehatan di HP Android yang bisa diunduh dari GooglePlay Store, setelah selesai menginstall kemudian daftar.

Sebagai informasi, kartu e-id BPJS Kesehatan atau KIS yang didapatkan dari aplikasi BPJS kesehatan mobile ini nantinya akan dikirim melalui email dalam format pdf sebagai lampiran jadi anda perlu mengunduhknya kemudian buka dengan aplikasi pdf lalu print.

Cara Cetak Sendiri Kartu E-ID BPJS Kesehatan / KIS Mudah dan Cepat

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda ikuti panduannya seperti berikut;

  • Buka aplikasi BPJS Kesehatan mobile.
  • Kemudian pilih menu Ubah Data Kepesertaan atau langsung pilih menu KARTU PESERTA BPJS KIS (lihat gambar di atas)
  • Pilih Nama Peserta BPJS kesehatan (KIS) yang ingin dicetak kartu e-idnya.
  • Pilih ikon email lalu akan muncul pertanyaan “Apakah anda ingin mengirim kartu E-ID ke email anda? pilih YA. 
  • Periksa email yang anda gunakan untuk daftar ke aplikasi bpjs lalu cari email dengan judul Kartu e-ID BPJS Kesehatan lalu unduh file lampiranya. 
  • Setelah didownload anda buka lalu print, atau jika tidak punya printer sendiri maka anda bisa copy file itu ke usb lalu bawa ke rental komputer.

Berikut ini adalah contoh gambar e-id dalam format pdf yang bisa anda cetak sendiri setelah kita melakukan langkah diatas.

Sebagaimana telah dijelaskan pada langkah-langkah dalam Cara Mencetak Sendiri KIS atau Kartu BPJS Kesehatan Secara Online di atas ternyata cetak kartu e-id bpjs kesehatan sendiri itu tidak sulit dan bisa dijadikan solusi bagi yang kartunya hilang atau rusak atau mungkin untuk keperluan setelah melahirkan memakai bpjs karena untuk bayi baru lahir yang dicetak bukan berupa kartu bpjs (KIS) tapi e-id seperti diatas.

Agar anda tidak mengalami kendala dan dapat mencetak Cetak Sendiri KIS atau Kartu BPJS Kesehatan Secara Online sebaiknya pastikan menginstall APLIKASI BPJS MOBILE yang dibuat resmi oleh pihak bpjs dengan tampilan seperti diatas, bukan aplikasi lain.

Selain itu pastikan anda sudah terdaftar ke BPJS, khusus bagi peserta perorangan tentunya dan sudah membayar iuran pertama agar kepesertaan anda maupun keluarga sudah aktif sebelum mencetak e-id.

Catatan: Jika ada kendala sebaiknya langsung tanyakan ke pihak BPJS melalui akun twitter maupun facebook resminya atau via call center karena postingan ini dibuat untuk menunjukkan cara mencetak kartu e-id dengan kondisi kepesertaan sudah aktif.

Demikian informasi mengenai Cara Cetak Sendiri KIS / Kartu BPJS Kesehatan Secara Online Tahun 2017. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cara Cetak Sendiri Kartu Indonesia Sehat (KIS) Secara Online | Ambar | 4.5