Buku Panduan Komite Sekolah Lengkap

96 views

Buku Panduan Komite Sekolah Lengkap - Komite Sekolah merupakan suatu badan atau lembaga non profit dan non politis, dibentuk berdasarkan musyawarah yang demokratis oleh para stake-holder pendidikan pada tingkat satuan pendidikan sebagai representasi dari berbagai unsur yang bertanggungjawab terhadap peningkatan kualitas proses dan hasil pendidikan.

Ditinjau dari perspektif sejarah persekolahan pada tingkat SD, SLTP, dan SMA/SMK di Indonesia, masyarakat sekolah, khususnya orang tua siswa, telah memerankan sebagian fungsinya dalam membantu penyelenggaraan pendidikan.

Komite Sekolah merupakan badan yang bersifat mandiri, tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan sekolah maupun lembaga pemerintah lainnya. Komite Sekolah dan sekolah memiliki kemandirian masing-masing, tetapi tetap sebagai mitra yang harus saling bekerja sama sejalan dengan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS).

Adapun tujuan dibentuknya Komite Sekolah sebagai suatu organisasi masyarakat sekolah adalah sebagai berikut.

  1. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan.
  2. Meningkatkan tanggung jawab dan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.
  3. Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di satuan pendidikan.

Paragraf diatas merupakan penjelasan singkat tentang Komite Sekolah, untuk selengkapnya anda bisa mengunduh Buku Panduan Komite Sekolah Secara Lengkap memlaui tautan link dibawah ini;

Buku Panduan Komite Sekolah.doc, Unduh File

Demikian Buku Panduan Komite Sekolah Terbaru Lengkap dengan pembahasan yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

 

Leave a reply "Buku Panduan Komite Sekolah Lengkap"

Author: 
author
Seorang Blogger senang menulis dan berbagi.