Aplikasi Cetak Kartu NISN Gratis Terbaru 2017/2018

Aplikasi Cetak Kartu NISN Gratis Terbaru 2017/2018 – Informasi yang didapat ilmupendidikan88 dari kutipan laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/home, Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) didapatkan siswa pada saat sekolah dasar (SD) dan akan terus digunakan/berlaku hingga selesai menempuh pendidikan. NISN merupakan salah satu data identitas siswa yang penting dan sering kali dijadikan salah satu kelengkapan identitas siswa yang harus diisi ketika mengikuti suatu kegiatan. NISN yang sudah divalidasi biasanya digunakan untuk:

  • salah satu persyaratan untuk mendaftarkan siswa ke jenjang sekolahyang lebih tinggi untuk pendataanpada data dapodik sekolah.
  • identitas pada rapor
  • identitas pada kartu pelajar
  • identitas pada kartu ujian
  • identitas pada buku induk
  • surat keterangan siswa
  • data siswa pada piagam/penghargaan tertentu
  • ijazah/ SKHU

Pada saat mengecek NISN, sering terjadi kekeliruan data. Permasalahan ini menjadi kendala operator sekolah ketika akan mensinkronisasikan data dapodik sekolah. Permasalahan terkadang muncul seperti identitas siswa dan nomor induk tidak berkesesuaian misalnya nomor induk yang diinput pada laman cek NISN muncul identitas siswa lain, kurangnya digit nomor induk atau kesalahan penulisan salah satu angka pada 10 digit nomor induk siswa nasional.

Baca juga : Cara cek NISN Online 2017/2018

Apabila nomor induk siswa nasional telah dipastikan benar dan telah valid sebaiknya segera cetak, ini diperlukan untuk melengkapi data jika suatu saat diperlukan dan kita tidak perlu menanyakan lagi kepada operator sekolah.

Cara Mencetak Kartu NISN Gratis

Apabila sudah di pastikan NISN telah benar dan valid, Anda bisa mencetaknya dengan menggunakan aplikasi cetak kartu NISN. Anda bisa mengikuti panduannya dibawah ini;

1. Unduh Aplikasi Cetak Kartu NISN 2017 (Link) . Aplikasi NISN ini dalam bentuk RAR, jadi setelah download silahkan extract file, caranya klik kanan file kemudian pilih “Extract here” contohnya seperti gambar dibawah ini.

2. Kemudain Anda buka aplikasi yang telah di extract, klik 2 kali, jika diminta login, masukkan user id gurusd.net dan password gurusd jika telah selesai klik tombol “login now” seperti gambar dibawah ini;

3. Langkah berikutnya pada beranda aplikasi, klik tombol “Input data NISN”. dilanjutkan dengan melengkapi isian form pengisian data peserta didik yang terdiri dari nama pd, NISN, Tempat lahir dan tanggal, Jenis kelamin dan nama sekolah. lalu klik tombol OK seperti contoh gambar dibawah ini.

4. Selanjutnya klik tombol “Kartu NISN” untuk mencetak kartu, mainkan tombol naik turun pemilihan data peserta didk, bila sudah ditemukan nama siswa yang akan dicetak baru klik ikon “Printer” berikut contoh hasil cetak kartu NISN;

Sedikit informasi, Aplikasi cetak kartu NISN ini adalah milik Deni Ranoptri peraih penghargaan Blog Anugrah Peduli Pendidikan Tahun 2015.

Demikian info terkait Aplikasi dan Cara Cetak Kartu NISN Versi Terbaru 2017/2018, sekian dari kami, terima kasih dan semoge bermanfaat.

Aplikasi Cetak Kartu NISN Gratis Terbaru 2017/2018 | Ambar | 4.5