4 Teknik Melewati Garis Finish Lari Jarak Pendek

4 Teknik Melewati Garis Finish Lari Jarak Pendek – Finish merupakan tahap akhir dalam menyelesaikan perlombaan baik itu dalam cabang lari ataupun cabang olahraga lainnya.

Berbicara finish atau disebut dengan Finishing Action, disini saya akan membahas cara melewati dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat melewati garis finish lari jarak pendek (sprint). Apa saja cara melewati garis finish lari jarak pendek, mari kita ulas selengkapnya.

1. Tidak Merubah sikap badan
Maksudnya adalah pelari terus berlari tanpa mengubah sikap badan. Tentunya sikap ini sangat mudah untuk dilakukan akan tetapi kurang menguntungkan karena posisi badan tidak mengalami perubahan.

2. Memutar atau memirngkan badan atau bahu
Memutar atau memiringkan badan atau bahu kesalah satu sisi baik itu bahu kanan atau kiri cukup menguntungkan dibanding dengan cara pertama karena bahu akan lebih dahulu mencapai garis finish.

3. Merebahkan atau menjatuhkan badan kedepan
Merebahkan atau menjatuhkan badan kedepan (ambyuk) atau “thestrung”. Cara ini sangat menguntungkan tetapi penguasaannya lebih sulit dibanding dengan kedua cara diatas karena si pelari harus benar-benar menguasai keseimbangan badan. Jika tidak bisa menyeimbangkan badan si pelari menyebabkan jatuh tersungkur. Melewati garis finish ambyuk ini banyak digunakan oleh sprinter ternama.

4. Kombinasi antara memiringkan badan dan ambyuk
Mengkombinasikan memiringkan badan dan ambyuk ini cukup baik. Tentunya cara ini banyak digunakan oleh para sprinter tetapi lebih sulit dalam melakukannya, oleh karena itu Anda perlu berlatih dengan giat.

Dengan adanya ke empat cara melewati garis finish diatas, maka untuk Anda sebagai pelari harus memilih dan menguasainya. Disarankan untuk Anda agar tidak memilih cara yang pertama karena kurang menguntungkan.

Untuk Anda seorang sprinter tentunya perlu mengetahui pengambilan waktu dan penentu kedatangan di garis finish adalah berpedoman pada posisi batang tubuh (togok/torso) bagian atas (dada/bahu) hingga menyentuh bidang atas yang tegak lurus pada garis finish. Pada saat melewati garis finish pihak pelari harus secepatnya membawa batang tubuh condong kedepan, baik dengan memutar bahu, merebahkan badan atau dengan cara kombinasi.

Disamping itu, sebagai seorang sprinter ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat melewati garis finish;

1. Saat melewati garis finish jangan dilakukan dengan melompat karena akan menghambat kecepatan saat berlari.
2. Finish action harus dilakukan secepat mungkin.
3. Jangan mengurangi kecepatan saat akan melewati garis finish, kecuali secara taktis hal itu memang Anda lakukan dengan sengaja.
4. Setelah melewati garis finish jangan berhenti mendadak (mengerem) karena bisa berbahaya dapat menyebabkan cidera.

Demikian saya sampaikan Empat Teknik atau Cara Melewati Garis Finish Lari Jarak Pendek (Sprint) serta apa saja yang perlu diperhatikan saat melewati atau sesudah melewati garis finish. Sekian dari saya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

4 Teknik Melewati Garis Finish Lari Jarak Pendek | Ambar | 4.5