4 Macam Kesalahan Pada Renang Gaya Dada

186 views

4 Macam Kesalahan Pada Renang Gaya Dada - Pada kesempatan ini saya akan berbagi beberapa macam keselahan umum yang sering dilakukan perenang dengan gaya dada. Selain itu juga saat akan berbagi cara penanggulangan tersebut.

Berbicara kesalahan pada renang gaya dada, kita perlu memperbaikinya. Untuk mengetahui kesalahan tersebut, diperlukan sebuah analisi. Setelah kita memiliki data kesalahan pada renang gaya dada ini, kita harus memperbaikinya dengan tujuan untuk meminimal atau menghilangkan setiap kesalahan membuat laju renang gaya dada semakin cepat.

Apa saja bentuk kesalahan yang sering terjadi pada gaya dada? Berikut adalah bentuk kesalahan yang sering terjadi dan yang perlu Anda perbaiki pada renang gaya dada.

4 Kesalahan Yang Sering Terjadi Pada Renang Gaya Dada

1. Posisi lutut turun, akan membuat pinggul menjadi naik
Untuk menanggulangi kesalahan ini bisa kita lakukan dengan berlatih menggunakan papan latihan. Gerakan posisi lutut turun di lakukan saat fase istirahat, fase ini di lakukan pada kaki yang dimana ke dua tungkai kaki bawah di lipat hingga mendekati pinggul. Gerakkan kaki yang hingga mendekati pinggul di lakukan tidak membentuk sudut bukan akibat dari kaki yang di turunkan ke bawah, melainkan dari lipatan tungkai kaki di bawah yang di lipat ke atas hingga mendekati pinggul.

2. Pengambilan nafas terlalu dini
Apabila terjadi kesalahan ini, bentuk perbaikan dapat kita lakukan yaitu dengan mengulang kembali rangkainan gerak pada saat koordinasi nafas dengan tangan.

3. Kaki tidak mampu secera maksimal melakukan lipatan dan membuka ke samping
Penanggulangan kesalahan semacam ini yaitu dengan melatih kaki dengan menggunkan papan atau mengambil sikap terlentang membuat gerakan kaki gaya dada, dimana saat melipat, lakukan gerakan kaki menarik ke arah pinggul. Gerakkan melipat dilakukan sebagai akibat turunnya lutut.

4. Melakukan tarikan tangan terlalu dalam
Melakukan tarikan tangan teralalu dalam pada rengan gaya dada, bisa berakibat terhentinya gerakan di saat akhir tarikan. Selain itu bentuk tarikan ini tidak saja menjadi tahanan bagi daya luncur renangan, tetapi juga kesalahan ini akan mengurangi akselerasi dari renang yang bersangkutan.

Penaggulangan atau perbaikan dari kesalahan tarikan tangan terlalu dalam yaitu dengan berlatih dengan menggepit papan latihan atau pull buouy. Pada saat melalukan fase tarikan, batasi agar tarikan itu hanya sampai perpanjangan garis bawah dan tidak lebih. Bisa diberikan bentuk tarikkan dengan dengan pola hati.

Itu lah beberapa macam kesalahan yang sering terjadi pada renang gaya dada dan saya juga telah berbagi tips untuk penanggulangan atau perbaikkannya. Sekian dari saya, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Leave a reply "4 Macam Kesalahan Pada Renang Gaya Dada"

Author: 
author
Seorang Blogger senang menulis dan berbagi.