4 Gizi Membantu Perkembangan Otak Anak

Haloo para orang tua hebat, sudah tahukah gizi yang membantu perkembangan otak anak? jika belum mengetahuinya disini saya akan memberikan informasi 4 Gizi yang bisa membantu perkembangan otak anak.

Agar fungsi otak anak senantiasa berjalan dengan seimbang dan mampu memperdayakan potensialnya maka otak perlu senantiasa di latih untuk mencegah terjadinya penuaan dini sel-sel otak. karena penuaan sini pada otak menyebabkan kinerja otak semakin lemah.

Faktor yang paling penting untuk perkembangan otak adalah nutrisi untuk mendukung pembentukan sel-sel otak. Sikap kita sebagai orang tua adalah bertanggung jawab dalam membantu perkembangan otak anak dengan selalu memberikan asupan gizi berimbang yang mampu membantu perkembangan otak anak mulai dari bayi hingga dewasa.

Adapun sejumlah gizi yang perlu di konsumsi anak dalam upaya membantu perkembangan otaknya adalah sebagai berikut :

1. Kabohidrat
Otak memerlukan pasokan glukosa (kabohidrad) sebagai sumber energi. Sumber glukosa pada anak sebaiknya berupa gula intriksida dan kabohidrat komplek non-olahan seperti kentang, biji-bijian, beras merah, dan sayur-sayuran. Sebaiknya orang tua perlu membatasi sumber kabohidrat sederhana (gula) pada anak.

kabohidrat non-olahan lebih baik di banding olahan karena masih kaya nutrisi dan serat yang penting untuk memberikan energi ke otak dalam waktu lama. makanan dengan gula olahan menyebabkan meningkatnnya gula darah diikuti penurunan daya tangkap dan konsentrasi anak. Sebaiknya orang tua memasukkan sepetiga bahan pangan berkabohidrat dalam pola makan anak.

2. Protein
Zat gizi terbentuk dari 25 jenis asam amino. Delapan di antaranya di kenal sebagai asam amino esensial tak dapat di produksi oleh tubuh, namun dapat di peroleh dari sumber di luar tubuh. Salah satu peran asam amino esensial bagi otak ialah memperoduksi neurotransmitter yang berfungsi dalam penyampaian pesan kedalam otak.

Keberadaan neurotransmitter ini sangat penting untuk mengoptimalkan kerja otak dan kepekaan emosi. Asam amino bisa di temukan dalam ikan, produk susu, telur, oat dan kalkun. Anak -anak usia 4-10 tahun memerlukan 15-28 gram protein per hari.

3. Lemak
Enam puluh persen komposisi otak berupa lemak yang diperoleh dari makanan. jenis lemak yang di konsumsi akan mempengaruhi komposisi lemak di otak. Itu sebabnya orang tua perlu memasukkan jenis lemak yang tepat dalam makanan anak, karena akan menambah perkembangan serta kemampuan otak anak.

Kelompok lemak paling berguna untuk fungsi otak ialah asam lemak tak jenuh ganda misalnya omega-3, EPA, dan DHA. Sumber omega-3, yaitu jenis ikan seperti makarel, tuna, sarden, salmon, kembung, bawal, mujair, kakap, tenggiri. Jika anak alergi  ikan, bisa di ganti dengan kacang kenari, telur, dan kacang kedelai.

Omega-3 dapat di temukan pada tanaman kacang-kacangan dan biji-bijian, telur, ikan, dan kacang kedelai. Konsumsi omega-3 dan 6 per hari pada akan perlu disesuaikan dengan kebutuhan serta aktivitasnya sehari-hari.

Tanda-tanda anak kekurangan asam lemak : haus terus menerus, seirng buang air kecil, rambut dan kulit kering, kuku rapuh dan tipis, ketombe, surit belajar, hiperaktif, penglihatan buruk, kulit lengan dan kaki kasar dan kusam. Dianjurkan anak-anak mengosumsi suplemen minyak ikan per minggu.

4. Vitamin dan Mineral
Fungsi otak dipengaruhi oleh vitamin dan mineral. Vitamin A, C, dan E adalah antioksidan yang melindungi otak dari racun dan polusi. Sedangkan vitamin B penting menambah fungsi otak dan sistem saraf yang sehat.

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kurang berenergi, rendahnya konsentrasi dan daya ingat. Sementara itu, kekurangan kolin (senyawa serupa vitamin) sering dikaitkan dengan gangguan memori dan daya pikir. Selain jenis vitamin, jenis mineral kalsium dan magnesium dapat menenangkan sel saraf.

Keempat gizi di atas sangat memiliki peran penting untuk menambah perkambangan otak anak, bagi orang tua berikan gizi yang berimbang sesuai kebutuhan anak agar perkembangan otak anak dapat berkembang.

Demikian saya sampaiakn informasi 4 Gizi Membantu Perkembangan Otak Anak, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

4 Gizi Membantu Perkembangan Otak Anak | Ambar | 4.5