12 Tips Jitu Belajar Dengan Efektif Dan Efisien

Tugas utama seorang peserta didik adalah belajar, belajar dan belajar. Sebagai seorang pendidik, sering sekali saya menemukan peserta didik kesulitan belajar karena hilangnya konsentrasi dan fokus dalam setiap menerima pelajaran yang di sampaikan. Faktor yang mempengaruhinya seperti hilangnya semangat belajar, ingin cepat – cepat keluar kelas bermain dan sebagainya.

Belajar yang baik merupakan pendorong siswa untuk mewujudkan cita – cita, manfaatkan waktu sebaik – baiknya janganlah di sia – siakan karena waktu tidak bisa terulang kembali. Apabila sampai tinggal kelas itu menjadi sebuah kerugian yang besar karena sudah tertinggal usia dan mengeluarkan banyak biaya.

Belajar Dengan Efektif Dan Efisien adalah kunci utama terwujudnya keberhasilan, selain belajar kunci utama lainnya yaitu Ikhtiar (berusaha dengan giat) dan Berdo’a (selain menjernihkan pikirian dan juga mendekatkan diri kepada maha pencipta). Ada pepatah mengatakan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, pepatah ini sangat baik di terapkan dalam belajar. Jika selalu gagal dalam memahami mata pelajaran lakukan berulang – ulang sampai mengusai materi tersebut.

Namun, itu masih belum cukup Anda perlu mencoba 12 Tips Jitu belajar dengan efektif dan efisien, melalui cara ini bisa mendapakan nilai yang baik dan juara kelas.

  1. Ciptakan Suasana Yang Kondusif
    Suasana yang hening dan tenang dapat menimbulkan fokus saat belajar, suasana belajar tersebut bisa di dapat setelah shalat subuh. Karena di pagi hari pikiran jernih membuat otak cepat menangkap materi pelajaran.
  2. Timbulkan Rasa Suka
    Cara ini terbilang efektif, timbulnya rasa suka kepada setiap mata pelajaran dapat menggugah rasa penasaran ingin memperdalam setiap materi pelajari yang di ajarkan. Cara menimbulkannya bisa memodifikasi materi yang di ajarkan, seperti memperkenalkannya dengan gambar, video dan membuat kuis tanya jawab. Buatlah suasana pelajaran menjadi menyenangkan sehingga pelajar menjadi semakin tertarik mempelajarinya.
  3. Buat Catatan Kecil
    Ini adalah salah satu cara yang terbilang efektif dan peraktis, buatlah catatan kecil atau ringkasan dari inti pelajaran. Dengan membuat ringkasan kicil Anda membawanya kemana – mana dengan mudah dan menghafalnya di manapun yang Anda suka. Selain menghafal Anda pahami pelajaran tersebut karena jika hanya menghafal Anda belum tentu mengerti.
  4. Mengulang Pelajaran
    Ulanglah kembali materi pelajaran yang telah di sampaikan di sekolah di rumah, lakukan sebelum tidur siang sekitar 15 sampai 30 menit. Dengan cara ini Anda akan mengingat kembali materi – materi yang telah di sampaikan.
  5. Tata Ruang
    Tata ruang juga sangat menentukan, suasana ruangan yang sejuk dan tertata dengan rapi tentunya sangat nyaman untuk belajar. Ciptakan suasana ruang belajar yang indah dengan mendesain ruangan penuh warna serta menambah sedikit sentuhan alam dengan menaruh tumbuhan atau membuat aquarium kecil.
  6. Refresing di Waktu Belajar
    Merifresh otak dalam membuat pikiran yang penat segar kembali, selingi waktu belajar dengan beristirahat sejenak, apabila Anda belajar 1 jam istirahat sekitar 10 – 15 menit. Luangkan waktu Anda sejenak dengan bersantai jalan – jalan di halaman, sambil makan – makanan ringan. Setelah pikiran jernih kembali belajar lagi.
  7. Belajar dengan Tekun
    Ketekunan bisa di dapat melalui belajar dengan rutin, buka kembali mata pelajaran yang sebelumnya telah di ajarkan di sekolah. dengan membuka lembaran – lembaran lama untuk di ingat kembali, ini sangat efektif jika hanya dilakukan dengan sistem kebut semalam. Selain itu juga Anda bisa menguasai sekidit pelajaran yang belum di ajarkan.
  8. Materi + Praktek
    Menguasai materi sangat efektif jika di barengi dengan praktek, tidak hanya Anda hafal tetapi Anda juga mengetahui kebenarannya. Contohnya Pada mata pelajaran IPA, Anda membuat penelitian dengan mengamati lilin di bakar, Anda akan melihat apa yang terjadi saat lilin di bakar.
  9. Membaca
    Membaca merupakan jendela dunia, semakin banyak membaca semakin bertambah pula pengetahuan dan wawasan. Karena itu hilangkan rasa malas dan bosan membaca ya sobat.
  10. Target Belajar
    Target belajar untuk sebuah tujuan, misalnya di semester genap taget yang di capai Anda harus menjadi juara kelas. Atau target menghafal, dalam waktu 3 hari Anda sudah bisa menghafal surat Al-Ma’un ayat 1 – 7.
  11. Membuat Jadwal Belajar
    Buatlah jadwal belajar, dengan demikian Anda akan mengetaui seberapa lama Anda belajar. Misalnya Anda belajar dalam sehari 1 jam 30 menit, pagi setelah shalat subuh 30 menit, siang pulang sekolah 30 dan malam 30 menit.
  12. Jauhi Gangguan Belajar
    Apabila belajar terganggu, dapat menghilangkan konsentrasi saat belajar. Jauhi gangguan belajar yaitu TV, apabila keluarga sedang menonton TV Anda bisa mencari ruangan yang jauh dari jangkauan TV bisa belajar di kamar belakang atau di bisa juga membuat peraturan dengan keluarga yaitu jam wajib belajar. Pada jam – jam tertentu di larang untuk menonton TV, di khususkan untuk belajar.
Kaum pelajar merupakan generasi penerus bangsa, maka dengan itu harumkanlah nama bangsa Indonesia dengan mencetak prestasi. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memacu peserta didik bisa belajar dengan giat dan tekun.

Demikian saya sampaikan mengenai 12 Tips Jitu Belajar Dengan Efektif Dan Efisien, saya haturkan terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

12 Tips Jitu Belajar Dengan Efektif Dan Efisien | Ambar | 4.5