10 Manfaat dan Keuntungan Menulis

Haloo sobat, sudahkah Anda menulis? dan adakah keinginan untuk menulis pengalaman menarik yang pernah di alami? Apabila semua itu di ungkapkan dengan tulisan, niscaya perasaan yang selama ini di bebani oleh pengalaman-pengalaman tersebut akan menjadi bebas dan terbuka. Perasaan itu yang membuat jiwa dan raga kita menjadi sehat.

Setelah membaca sedikit penjelasan menulis di atas dan manfatnya, bagaimana sobat sudahkan Anda berkeinginan untuk menulis. Itu hanyalah salah satunya manfaat dari menulis, disini terdapat 10 manfaat menulis, apa saja manfaatnya? mari kita ulas satu demi satu :

1. Menulis Menjernihkan Pikiran
Menulis adalah proses produktif untuk menghasilkkan tulisan. Tulisan di gunakan untuk mencurahkan berbagai persoalan yang membebani pikiran. Apabila semua berbagai persoalan dapat di keluarkan, pikiran itu pun akan jernih.

2. Menulis Mengatasi Trauma
Pernahkah Anda mengalami terauma? Trauma tersebut bisa di sebabkan oleh berbagai hal, misalnya seorang remaja putri merasa trauma ketika di khianati oleh kekasihnya. Traumma itu akan membekas dan bayangi hidupnya. Trauma tidak bisa memusatkan perhatian dan pikiran, dengan menulis tentang trauma akan membantu dalam mengelola trauma dan dengan demikian membebaskan pikiran terbebani.

3. Menulis Membantu Dalam Mendapatkan Informasi Baru
Kegiatan mencatat atau menulis dapat membantu kita mendapatkan dan mengingat kembali gagasan-gagasan baru. Menulis bisa membantu memberikan suatu kerangka yang bisa di pakai untuk memahami persepsi baru dan unik dari orang lain.

4. Menulis Membantu Memecahkan Masalah
Jika kita menghadapi atau sedang membahas suatu masalah, menulis bisa di jadikan solusi untuk memecahkan masalah. Salah satu alasannya adalah bahwa menulis memaksa orang untuk memusatkan perhatian lebih dalam terhadap permasalahan tersebut dari pada hanya dengan memikirkannya.

5. Menulis Bebas Membantu Kita Ketika Terpaksa Harus Menulis
Kabanyakan orang kadang-kadang terpaksa menulis tentang sesuatu, bisa menjadi hambatann yang serius karena akan membuat setiap kalimat akan kaku, setia kata bisa tidak kena. Menulis dengan bebas pikiran dan perasaan sebelum menulis formal bisa membebaskan kemampuan menulis kita. Bahkan, penulis bebas bisa berguna sebagai landasan bagi sebuah rancangan besar sebuah tulisan formal. Misalnya, kita berusaha menuangkan pikiran secara bebas dengan teknik mind mapping (peta konsep).

6. Menulis Sebagai Media Dakwah
Menulis dapat di jadikan media untuk berdakwah. Berdakwah melalui tulisan akan lebih efektif. Dakwah lewat tulisan ini sebetulnya sudah menjadi tradisi para ulama dan intelektual muslim. Tradisi ini merupakan konsekuensi logis dan dorongan Islam yang sangat menekan arti penting penguasaan iilmu dalam kehidupan, ilmu yang berkaitan dengan ibadah dan amal dalam islam.

Menulis di jadikan media dakwah, Anda bisa membaca buku-buku MKohammad Fauzi yang banyak di jadikan referensi oleh kaum muda, terutama soal pernikahan islam.

7. Menulis dapat Mengubah Sesuatu Terjadi
Jhon W. Newbern mengatakan bahwa manusia dapat dibagi ke dalam tiga golongan, yakni :

  1. Mereka yang membuat sesuatu terjadi
  2. Mereka yang melihat sesuatu yang terjadi
  3. Mereka yang terkesima dengan apa yang terjadi 
Salah satu hal yang termasuk golongan yang membuat sesuatu terjadi adalah penulis. Contohnya di Indonesia pernah di terbitkan buku yang sangat berpengaruh mengubah perilaku Belanda terhadap bangsa Indonesia, yaitu buku Max Havelaar.
8. Menulis Dapat Menambah Penghasilan
Manfaat lain dari menulis adalah memberikan tambahan penghasilan. Kita akan mendapat penghasilan apabila tulisan kita di muat di surat kaba, mjalah, atau diterbitkan dalam bentuk buku.
9. Menulis Menunjang Karir
Saat ini, profesi guru menjadi perhatian serius pemerintah. Salah satunya adalah masalah kemampuan guru dalam menulis, karena sekarang guru di tuntut untuk membuat karya tulis ilmiah untuk kenaikan golongan.
10. Tulisan Warisan tak Ternilai Harganya
Warisan yang sangat berharga ini ternyata bukanlah harta kekayaan, melainkan ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang kita miliki dapat kita wariskan jika dituliskan. Buku-buku yang kita hasilkan dapat menjadi warisan yang luar biasa berharga bagi anak cucu kita. Bahkan jika buku-buku kita di baca oleh banyak orang, tentu manfaatnya juga akan dirasakan oleh banyak orang.
Dari sekian banyak manfaat yang dapat di peroleh dari menulis, saya dapat menyimpulkan bahwa menulis sangat penting. Manfaat yang telah di kemukakan di atas mungkin hanya sebagian kecil saja. Sebab, saya yakin setiap penulis dapat merasakan manfaat lain yang lebih istimewa. 
Jika Anda pun ingin merasakan manfaat itu, mulailah menulis. Tanpa menulis manfaat itu tidak akan pernah Anda rasakan. 

10 Manfaat dan Keuntungan Menulis | Ambar | 4.5